PERAN MODAL SOSIAL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA (KASUS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG)


Sukono, 3501408038 (2013) PERAN MODAL SOSIAL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA (KASUS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MODAL SOSIAL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA (KASUS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG)]
Preview
PDF (PERAN MODAL SOSIAL SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA (KASUS DI SMA NEGERI 12 SEMARANG))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Modal sosial sebagai fundamen dasar untuk mengembang serta meningkatkan sebuah lembaga menjadi lebih maju dan lebih maksimal dalam menjalankan aktivitas yang terdapat di dalamnya. Suatu lembaga, termasuk lembaga pendidikan yang maju dan berkualitas, tidak terlepas dari adanya peran modal sosial yang terdapat di dalamnya. Pemanfaatan modal sosial secara maksimal dalam suatu lembaga, yang dalam hal ini SMA Negeri 12 Semarang, dapat menjadi kekuatan penggerak untuk memajukan pendidikan. Kebijakan pemerintah untuk memuat pendidikan karakter bangsa dalam kurikulum, didasarkan pada fenomena sosial yang berkembang dalam masyarakat yang semakin meresahkan seperti, tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dan sebagainya. SMAN 12 Semarang sebagai lembaga pendidikan formal sebagai wadah resmi pembinaan generasi muda diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam pendidikan karakter bangsa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Mengapa modal sosial yang dimiliki oleh SMA Negeri 12 Semarang sangat diperlukan? (2) Bagaimana peran modal sosial sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang? (3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pentingnya modal sosial yang dimiliki oleh SMA Negeri 12 Semarang (2) Menjelaskan peran modal sosial sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang (3) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah dan guru di SMA Negeri 12 Semarang dan informan dalam penelitian ini adalah staf karyawan TU, Siswa, Masyarakat sekitar SMA Negeri 12 Semarang, dan Orangtua siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus adalah pentingnya modal sosial yang dimilki oleh SMA Negeri 12 Semarang, peran modal sosial sekolah dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang, dan pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang. Alat dan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk mencapai keabsahan data digunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian ini didapatkan informasi bahwa (1) SMA Negeri 12 Semarang memiliki modal sosial yang lebih besar dari sekolah lain yang dapat menjadikan lembaga ini mudah untuk mengembangkan diri serta memperoleh jaringan serta koneksi dengan lembaga lain. (2) Modal sosial yang dimiliki SMA Negeri 12 Semarang memiliki andil dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Modal sosial yang ditemukan berperan dalam pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang di antaranya adalah : (a) Kepercayaan (Trust), antar setiap individu yang sangat tinggi terhadap SMA Negeri 12 Semarang, baik yang ada dalam maupun masyarakat sekitar SMA Negeri 12 Semarang.(b) SMA Negeri 12 Semarang memiliki jaringan sosial yang luas. Jaringan tersebut meliputi, partisipasi masyarakat yang tinggi, solidaritas di antara individu yang kuat dan jalinan kerjasama antara individu yang terdapat dalam SMA Negeri 12 Semarang dengan individu maupun lembaga lain di luar SMA Negeri 12 Semarang terjalin sangat harmonis dan (c) Pranata sosial, yang dalam hal ini adalah SMA Negeri 12 Semarang, dimana perannya sangat besar dalam mendukung kegiatan pembelajaran, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bangsa yang diharapkan SMA Negeri 12 Semarang tidak akan terwujud tanpa adanya modal sosial (3) Pelaksanaan pendidikan karakter bangsa di SMA Negeri 12 Semarang ditempuh melalui tiga (3) cara, yakni (a) Pengintegrasian semua mata pelajaran dengan menyisipkan nilai-nilai karakter pada perangkat pembelajaran (b) pengintegrasian melalui muatan lokal dengan sasaran nilai karakter pengembangan jiwa kewirausahaan, dan nilai-nilai budaya pada peserta didik. Pengolahan buah merupakan salah satu contoh kegiatan muatan lokal yang terdapat di SMA Negeri 12 Semarang, dan (c) Penanaman nilai-nilai karakter melalui pengembangan diri, melalui kegiatan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakulikuler. Saran Bagi Kepala sekolah mengadakan sosialisasi baik untuk guru maupun orangtua siswa, mengenai pentingnya modal sosial bagi kemajuan lembaga. Modal sosial merupakan kekuatan kolektif yang sangat signifikan jika diberdayakan dan difungsionalisasikan untuk mengatasi masalah atau pun sebagai strategi pengembangan dalam suatu lembaga yang dalam hal ini satuan pendidikan SMA Negeri 12 Semarang. Bagi guru, diharapkan memberikan nilai-nilai pendidikan karakter bangsa kepada peserta didik tidak hanya dalam teori-teori dalam kelas. Penanaman pendidikan karakter akan lebih efektif jika di internalisasikan ke dalam sendi-sendi kehidupan peserta didik, baik melalui kegiatan pembelajaran maupun keteladanan dari para guru. Bagi Masyarakat sekitar SMA Negeri 12 Semarang, diharapkan memberikan dukungan dan partisipasi. Bentuk dukungan ataupun partisipasi tersebut diwujudkan dengan senantiasa mengikuti kegiatan yang dilaksanakan oleh SMA Negeri 12 Semarang yang melibatkan masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Modal Sosial, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:06
Last Modified: 31 Oct 2013 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item