Pengembangan Model “Koin Bertahap” Dalam Proses Pembelajaran Renang Siswa Kelas III Di SD Negeri Slawi Kulon 02 Kec. Slawi Kab. Tegal Tahun Ajaran 2011 / 2012


Satria Ujianto, 6101408014 (2012) Pengembangan Model “Koin Bertahap” Dalam Proses Pembelajaran Renang Siswa Kelas III Di SD Negeri Slawi Kulon 02 Kec. Slawi Kab. Tegal Tahun Ajaran 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model “Koin Bertahap” Dalam Proses Pembelajaran Renang Siswa Kelas III Di SD Negeri Slawi Kulon 02 Kec. Slawi Kab. Tegal Tahun Ajaran 2011 / 2012]
Preview
PDF (Pengembangan Model “Koin Bertahap” Dalam Proses Pembelajaran Renang Siswa Kelas III Di SD Negeri Slawi Kulon 02 Kec. Slawi Kab. Tegal Tahun Ajaran 2011 / 2012)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran penjas yang tidak berjalan dengan baik. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model “koin bertahap” dalam proses pembelajaran renang pada siswa kelas III SD N Slawi Kulon 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2011/2012 ? Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model permainan yaitu model “koin bertahap” dalam proses pembelajaran renang pada siswa kelas III SD Negeri Slawi kulon 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal Tahun ajaran 2011 / 2012. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi model “koin bertahap” yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuisioner oleh siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (12 siswa), dan uji lapangan (26 siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek psikomotor, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Hasil penelitian dari uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu dari ketiga ahli menyatakan bahwa pengembangan model “koin bertahap” sudah masuk dalam kategori penilaian sangat baik. Akan tetapi ada yang perlu diperbaiki karena ada beberapa alternatif jawaban masih menyatakan cukup baik, uji coba kelompok kecil 89,14 % (baik), dan uji coba lapangan 93,82 % (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model “koin bertahap” dalam proses pembelajaran renang ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SD Negeri Slawi Kulon 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Saran bagi para pendidik yang mengalami permasalahan dalam proses pembelajaran renang dapat menerapkan modifikasi pembelajaran menggunakan permainan “koin bertahap” dengan pembelajaran tersebut diharapkan hasil belajar lebih meningkat dalam proses pembelajaran renang ini, serta mencari alternatif lain yang sesuai dengan karakteristik anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; koin bertahap; renang; pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:29
Last Modified: 31 Oct 2013 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18308

Actions (login required)

View Item View Item