MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARET GELANG PADA SISWA KELAS V SD N 3 SOJOMERTO KEC. GEMUH KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012


HULATTEN RATNA WIDAYATI, 6102910016 (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARET GELANG PADA SISWA KELAS V SD N 3 SOJOMERTO KEC. GEMUH KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARET GELANG PADA SISWA KELAS V SD N 3 SOJOMERTO KEC. GEMUH KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI MEDIA KARET GELANG PADA SISWA KELAS V SD N 3 SOJOMERTO KEC. GEMUH KAB. KENDAL TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan adalah meningkatkan hasil lompatan pada lompat jauh gaya jongkok melalui media karet gelang pada siswa kelas V SD N 3 Sojomerto Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran lompat jauh melalui permainan karet gelang pada siswa kelas V SD N 3 Sojomerto Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode populasi, jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model PTK yang digunakan adalah menggunakan 2 siklus. Proses penelitian diawali dengan peneliti melakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran lompat jauh pada kelas V SD Negeri 3 Sojomerto dalam pengamatan tersebut ditemukan bahwa hasil proses pembelajaran dalam bentuk kuantitatif masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu kurang dari 65. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD N 3 Sojomerto Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal yang berjumlah 30 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil penelitian lompat jauh siswa. . Hasil penelitian dari pembelajaran lompat jauh gaya jongkok tingkat keberhasilan siswa dapat meningkat sebesar 77% diatas KKM dan 23% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM pada siklus tahap I sedangkan pada siklus tahap II dapat meningkatkan sebesar 93% diatas KKM dan 7% siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM kompetensi yang dimiliki siswa dari tahapan siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 67 dan setelah melalui siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 73. Siswa sangat senang melakukan pembelajaran Lompat Jauh dengan melalui media karet gelang, hal ini terbukti dari nilai yang didapat siswa sebesar 280 dengan prosentase 93%. Kesimpulan bahwa proses pembelajaran lompat jauh melalui permainan karet gelang terjadi peningkatan sebesar 93% pada pembelajaran lompat jauh untuk kelas V SD N 3 Sojomerto Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Saran Bagi siswa, agar lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran olahraga baik olahraga lompat jauh ataupun olahraga yang lain. Bagi sekolah, agar menyediakan atau memperbaharui sarana dan prasarana olahraga, sehingga semua siswa dapat menggunakan fasilitas olahraga

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh, gaya jongkok, media karet gelang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:30
Last Modified: 31 Oct 2013 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18302

Actions (login required)

View Item View Item