PENGELOMPOKAN SOSIAL DALAM INTERAKSI ANTAR PELAJAR (Studi Kasus di SMP YPE Semarang)
Ria Rizqi Khoiriyah, 3501406568 (2013) PENGELOMPOKAN SOSIAL DALAM INTERAKSI ANTAR PELAJAR (Studi Kasus di SMP YPE Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGELOMPOKAN SOSIAL DALAM INTERAKSI ANTAR PELAJAR (Studi Kasus di SMP YPE Semarang))
Download (683kB) | Preview |
Abstract
Bagi remaja yang bersekolah untuk masa remaja awal, ada unsur yang menjadi standar dalam memilih kelompok teman sebaya. Dalam kelompok teman sebaya, teman adalah tempat berkaca, sebagai orang yang paling dekat, teman bisa memberi gambaran tentang diri sendiri dari dekat, bahkan kadang-kadang remaja dapat diberi identitas berdasarkan dengan siapa dia berteman.Jadi teman adalah salah satu pemberi pengaruh besar utuk membentuk pribadi seorang pelajar.Permasalahan penelitian adalah (1) Bagaimana bentuk pengelompokan sosial di SMP YPE Semarang? (2) Faktor apa yang menyebabkan terjadinya pengelompokan sosial antar pelajar SMP YPE Semarang? (3) Bagaimana dampak pengelompokan sosial tersebut dalam interaksi antar pelajar di SMP YPE Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP YPE Semarang. Teknik pengambilan data diambil dari beberapa siswa yang kiranya mereka mempunyai kelompok teman satu sekolah. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalahwawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode model analisis interaksi atau interactive analysis models. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bentuk pengelompokan yang terjadi di SMP YPE Semarang didasarkan pada anggota kelompok yang memiliki persahabatan, kerja sama dan keteraturan. Beberapa bentuk kelompok sosial yang terjadi antara lain adalah kelompok paduan suara, kelompok siswa yang mempunyai letak geografis yang sama, dan kelompok siswa yang mempunyai motivasi belajar yang sama. (2) Faktor yang mempengaruhi terjadinya pengelompokan sosial pada pelajar SMP YPE Semarang berawal dari bertemu dalam satu kelas, kesamaan jenis kelamin, adanya kesamaan hobi atau kesenangan, kesamaan letak geografis, dan motivasi untuk berprestasi. (3) Kelompokkelompok sosial yang telah terjadi di SMP YPE Semarang menunjukkan dampak yaitu kelompok satu dengan kelompok lain terjadi perbedaan pandangan dan tujuan dari masingmasing kelompok tersebut. Kelompok yang mempunyai persamaan prestasinya lebih sering berkumpul di tempat yang tidak biasa kelompok lain mendatanginya. Seperti pada saat istirahat mereka sering berkumpul di ruang perpustakaan atau di ruang OSIS, sehingga kelompok lain menganggap mereka adalah orang yang tidak seru dan suka menyendiri. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Pengelompokan sosial yang terjadi di SMP YPE Semarang terjadi karena adanya persamaan kesenangan seperti hobi dan kegiatan lain yang sama-sama sedang dilakukan di sekolah. Kegiatan belajar bersama di kelas juga menjadikan beberapa anak suka berkumpul sehingga tercipta kelompok sosial. (2) faktor yang menyebabkan terjadinya pengelompokan sosial pada pelajar di SMP YPE Semarang adalah adanya faktor kesamaan hobi atau kesenangan, kesamaan letak geografis, dan motifasi untuk berprestasi. Saran penelitian hendaknya siswa lebih memperhatikan kelompok-kelompok yang mendukung peningkatan prestasi belajarnya daripada hanya untuk memenuhi kepentingan sesaat seperti untuk meraih kesenangan sementara dengan kegiatan-kegiatan lain yang justru kontraproduktif terhadap proses belajarnya. Dibutuhkan pengawasan yang lebih intensif terhadap perkembangan siswa yang harus dilakukan oleh guru maupun orang tua sehingga terjadinya pengelompokan sosial di lingkungan pelajar SMP YPE Semarang tidak berdampak negatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | interaksi, kelompok sosial, pelajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 11:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 11:30 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18301 |
Actions (login required)
View Item |