PENERAPAN TEKNIK TTW (THINK, TALK, AND WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG


Rian Rosida, 1402908146 (2013) PENERAPAN TEKNIK TTW (THINK, TALK, AND WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN TEKNIK TTW (THINK, TALK, AND WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN TEKNIK TTW (THINK, TALK, AND WRITE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 diketahui bahwa dalam pembelajaran menulis guru masih kurang maksimal, guru kurang menguasai materi, siswa masih kesulitan dalam membuat puisi dan berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis puisi dengan menerapkan teknik TTW (Think, Talk, and Write)?; 2) Bagaimanakah aktivitas siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok menulis puisi dengan menerapkan teknik TTW (Think, Talk, and Write)?; 3) Bagaimanakah hasil belajar siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 Semarang pada pembelajaran bahasa Indonesia materi pokok menulis puisi dengan menerapkan teknik TTW (Think, Talk, and Write)? Tujuan umum dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui teknik belajar TTW (Think,Talk, and Write) siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 Semarang. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan: 1) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran menulis puisi dengan teknik TTW (Think,Talk, and Write), 2) Aktivitas siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 dalam pembelajaran menulis puisi dengan teknik TTW (Think Talk Write), 3) Hasil belajar menulis puisi pada siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 dengan teknik TTW (Think,Talk, and Write). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan TTW (Think,Talk, and Write) yang dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas V dan siswa kelas V dengan jumlah 34 yang terdiri dari 19 siswa lakilaki, 15 siswa perempuan SDN Gisikdrono 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) Pada siklus I rerata perolehan skor keterampilan guru adalah 2,7 dengan kategori baik, pada siklus II rerata perolehan skor keterampilan guru meningkat menjadi 3,5 dengan kategori baik sekali, 2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh total skor 2, 4 dengan kategori cukup, dan pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 3,79 dengan kategori baik sekali, 3) Pada siklus I ketuntasan hasil belajar klasikal mencapai 70,43% (24 dari 34 siswa yang tuntas mencapai KKM ≥ 63) dengan rerata kelas adalah 72,5 dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat menjadi 86,12% (31 dari 34 siswa) dengan rerata kelas adalah 78,2. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui teknik TTW (Think,Talk, and Write) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar menulis puisi siswa kelas V SDN Gisikdrono 02 Semarang. Saran bagi guru adalah teknik TTW (Think,Talk, and Write) dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pembelajaran menulis pusi pada mata pelajaran bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik TTW (Think, Talk, and Write), menulis puisi, keterampilan guru, aktivitas siswa, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:39
Last Modified: 30 Oct 2013 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18283

Actions (login required)

View Item View Item