PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN BERPASANGAN SEBAGAI PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VII-B SMPN 2 SUKOREJO
Nofita Kurniawati, 2101409086 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN BERPASANGAN SEBAGAI PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VII-B SMPN 2 SUKOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI DENGAN MODEL INKUIRI TERPIMPIN BERPASANGAN SEBAGAI PENUMBUHKEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS VII-B SMPN 2 SUKOREJO)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rendahnya keterampilan siswa kelas VII-B SMP N 2 Sukorejo dalam menceritakan pengalaman pribadi disebabkan oleh siswa yang malu untuk bercerita, takut ditertawakan, atau kurangnya pemahaman siswa atas kosakata bahasa Indonesia. Faktor lain yang mengakibatkan rendahnya keterampilan siswa berasal dari guru. Guru kurang menggunakan media atau contoh menceritakan pengalaman pribadi. Oleh karena itu, perlu upaya peningkatan pembelajaran dengan model inkuiri terpimpin berpasangan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimana proses pembelajaran menceritakan pengalaman pribadi, 2) bagaimana peningkatan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi, dan 3) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan sebagai penumbuhkembangan pendidikan karakter. Penelitian mengenai peningkatan keterampilan menceritakan pengalaman pribadi ini, bertujuan untuk: 1) mendeskripsi proses pembelajaran menceritakan pengalaman pribadi, 2) mendeskripsi peningkatan ketemrampilan menceritakan pengalaman menarik, 3) mendeskripsi perubahan tingkah laku arah yang lebih baik pada siswa kelas VII-B SMP N 02 Sukorejo setelah pembelajaran menceritakan pengalaman pribadi yang mengesankan dengan model inkuiri terpimpin berpasangan sebagai penumbuhkembangan pendidikan karakter Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu keterampilan menceritakan pengalaman pribadi, siswa kelas VII-B SMP 2 Sukorejo. Penelitian dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan. Keempat tahapan tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan cara tes dan nontes. Pengambilan data tes dilakukan dengan meminta siswa untuk menceritakan pengalaman pribadinya dengan model inkuiri terpimpin berpasangan kemudian dianalisis secara kuantitatif. data nontes diambil dari pengamatan atau hasil observasi, hasil wawancara, jurnal, sosiometri dan dokumentasi foto kemudian diolah secara kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan melalui observasi proses pembelajaran, kualitas pembelajaran menceritakan pengalaman pribadi meningkat setelah pembelajaran menggunakan model inkuiri terpimpin berpasangan. Keberhasilan atau meningkatnya kualitas pembelajaran dilihat dari proses pembelajaran dan meningkatnya perilaku siswa terhadap proses pembelajaran. Nilai rata-rata menceritakan pengalaman pribadi, dapat dilihat bahwa penggunaan model inkuiri terpimpin berpasangan pada pembelajaran terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menceritakan pengalaman pribadi. Peningkatan tersebut sebesar 7.2, hasil tersebut diperoleh dari nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 65, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 72,2. Kenaikan nilai rata-rata siswa terjadi karena adanya perbaikan pembelajaran pada siklus II. Perbaikan yang dilakukan antara lain: 1) menggunakan media video 2) penentuan tema yang menarik 3) pembahasan kembali materi yang diajarkan. Perubahan perilaku siswa menunjukan arah yang lebih baik. Siswa menjadi lebih dislipin dan menghargai teman yang lain bila dibandingkan dengan siklus I yang terlihat siswa masih sangat ramai. Perubahan perilaku ini terjadi karena guru lebih tegas dan lebih bervariasi dalam memberikan pembelajaran. Saran yang dapat direkomendasikan berdasarkan hasil penelitian tersebut antara lain, 1) guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang inovatif sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. 2) guru hendaknya memakai media yang menarik untuk menunjang pembelajaran, 3) guru hendaknya menyisipi pendidikan karakter disela-sela pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bercerita, pengalaman pribadi, model inkuiri terpimpin berpasangan |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Users 1771 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 16:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 16:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18264 |
Actions (login required)
View Item |