PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BAT


Siwi Prasetyani, 2101409058 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BAT]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER MELALUI MODEL INVESTIGASI KELOMPOK BERBANTUAN MEDIA KLIPING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII H SMP NEGERI 1 KANDEMAN KABUPATEN BAT)
Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang, keterampilan menulis poster masih di bawah KKM. Rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis poster dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu pembelajaran menulis poster yang pernah dilakukan hanya menekankan pada penulisan slogan saja, namun gambar pendukung slogan tersebut tidak dibelajarkan dengan alasan tidak semua siswa bisa menggambar dengan baik, selain itu kurangnya motivasi guru dan latihan kepada siswa untuk menulis poster, siswa kurang percaya diri dan takut salah, siswa malas dan enggan belajar menulis poster.Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis poster peserta didik yaitu dengan menerapkan model investigasi kelompok berbantuan media kliping. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis poster pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang melalui model investigasi kelompok berbantuan media kliping; (2) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang dalam keterampilan menulis poster melalui model investigasi kelompok berbantuan media kliping; dan (3) bagaimanakah perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang dalam mengikuti proses belajar mengajar menulis poster melalui model investigasi kelompok berbantuan media kliping. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsiskan proses pelaksanaan pembelajaran peningkatan keterampilan menulis poster melalui model investigasi kelompok berbantuan media kliping; (2) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis poster dengan model investigasi kelompok berbantuan media kliping; dan (3) mendeskripsikan perubahan sikap dan tingkah laku siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang setelah me.ndapatkan pembelajaran menulis poster dengan model investigasi kelompok berbantuan media kliping. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus.Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan.Subjek penelitian adalah keterampilan menulis poster.Variabel yang digunakan dalam penelitian adalah menulis poster dan model investigasi kelompok berbantuan media kliping.Jenis poster yang ditingkatkan dalam pembelajaran menulis poster melalui model investigasi kelompok berbantuan media kliping ini adalah poster penerangan, yaitu poster yang berisi tentang imbauan untuk melakukan sesuatu ataupun larangan terhadap tindakan yang negatif. Media kliping dalam penelitian ini digunakan sebagai bahan diskusi untuk menentukan tema yang nantinya akan dibuat poster oleh peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes dalam bentuk observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada keterampilan menulis poster peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang. Persentase ketuntasan peserta didik dalam menulis poster pada siklus I mencapai 27,03%. Hal ini masih kurang dari batas ketuntasan yang ditentukan. Pada siklus II persentase ketuntasan mencapai 89,19% dan sudah memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan. Selain itu, perilaku dan inat peserta didik pun meningkat menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan model dan media dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Saran bagi penelititi di bidang bahasa berikutnya dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif media pembelajaran menulis poster dan bidang menulis pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis poster, model investigasi kelompok, media kliping
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:21
Last Modified: 30 Oct 2013 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18260

Actions (login required)

View Item View Item