PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN WEDING 1 DEMAK


Santi Dwi Puspita Ningrum, 1402908110 (2012) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN WEDING 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN WEDING 1 DEMAK]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN WEDING 1 DEMAK)
Download (16MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Weding 1 Demak terdapat permasalahan. Pembelajaran masih berpusat pada guru. Siswa pasif hanya menerima pengetahuan yang di berikan oleh guru. Guru jarang menggunakan alat peraga atau media dalam pembelajaran matematika. Siswa hanya diberikan rumus untuk diterima dan di hafalkan tanpa melalui diskusi kelompok. Hal ini menyebabkan kualitas pembelajaran matematika rendah. Pembelajaran dengan pendekatan CTL merupakan salah satu pendekatan yang dapat mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika? (2) Apakah pendekatan CTL dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika? (3) Apakah pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika? Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL. (2) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL. (3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui pendekatan CTL dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Weding 1 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan (observasi), dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keterampilan guru dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 84% (baik). Pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata persentase 93% (baik sekali). (2) Aktivitas siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan CTL meningkat. Pada siklus I rata-rata persentase 70,5% (baik). Pada siklus II persentase aktivitas siswa menjadi 85,5% (baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal 63% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 82% (baik). Hal ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus II > 75% sehingga dinyatakan berhasil. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di SDN Weding 1 Demak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL, kualitas pembelajaran, keterampilan guru, aktivitas siswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 13:40
Last Modified: 30 Oct 2013 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item View Item