HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN PADA TENAGA KERJA PEMELIHARAAN JALAN CISALAK KOTABIMA CV SERAYU INDAH CILACAP


Ayi Rahayu Dwi Utami, 6450406011 (2012) HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN PADA TENAGA KERJA PEMELIHARAAN JALAN CISALAK KOTABIMA CV SERAYU INDAH CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN PADA TENAGA KERJA PEMELIHARAAN JALAN CISALAK KOTABIMA CV SERAYU INDAH CILACAP]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA BEBAN KERJA DAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELELAHAN PADA TENAGA KERJA PEMELIHARAAN JALAN CISALAK KOTABIMA CV SERAYU INDAH CILACAP)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh beban kerja dan intensitas kebisingan dapat menimbulkan gangguan kenyamanan bekerja, mempercepat terjadinya kelelahan kerja dan gangguan kesehatan. Pada tenaga kerja akan mengalami kelelahan kerja yang disebabkan oleh beban kerja yang diterima dan paparan kebisingan dari penggunaan mesin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara beban kerja dan Intensitas kebisingan dengan kelelahan kerja pada tenaga kerja pemeliharaan jalan Cisalak Kotabima CV Serayu Indah Cilacap. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja CV Serayu Indah Cilacap sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah stopwatch, sound level meter, dan reaction timer seri L 77. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat. Berdasarkan uji Fisher yang telah dilaksanakan, didapatkan bahwa ada hubungan antara beban kerja dengan kelelahan karena nilai p = 0,032 < 0,05 dan berdasarkan uji korelasi Prodct Moment diperoleh nilai p = 0,465 > 0,05 sehingga tidak ada hubungan antara intensitas kebisingan dengan kelelahan. Saran yang diajukkan adalah kepada: (1) Tenaga kerja CV Serayu Indah, pemberian sanksi kepada tenaga kerja jika tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) pada saat bekerja; (2) Peneliti Selanjutnya, mencoba untuk menambah variabel lain seperti getaran, iklim kerja atau sikap kerja dan jumlah sampel yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Intensitas Kebisingan, Kelelahan, Tenaga Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 13:35
Last Modified: 30 Oct 2013 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18232

Actions (login required)

View Item View Item