ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 5 MAGELANG
Murniyati Rahayu, 302909035 (2013) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 5 MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEKOLAH BAHASA JEPANG KELAS XII DI SMA NEGERI 5 MAGELANG)
Download (688kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi pendidikan adalah kegiatan menilai dari sesuatu yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kegiatan mengevaluasi tersebut salah satunya ditujukan oleh guru, dalam hal ini guru sebagai salah satu komponen terpenting dalam pendidikan. Menganalisis butir soal adalah salah satu kegiatan pengevaluasian, yang ditujukan kepada guru karena dalam hal ini guru berperan penting dalam pembuatan soal pada setiap mata pelajaran yang bersangkutan. Kegiatan menganalisis butir soal sangatlah penting dalam setiap tes yang akan diujikan, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kualitas soal tersebut. Setelah setelah diadakan kegiatan menganalisis butir soal ujian sekolah kelas 12 dengan menggunakan data yaitu berupa soal ujian, kunci jawaban dan hasil jawaban pekerjaan siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa hampir seluruh jumlah soal ujian sekolah yang diberikan mudah dikerjakan oleh semua siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana daya pembeda soal dan Bagaimana taraf kesukaran soal Ujian Sekolah dengan menggunakan analisis butir soal.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya pembeda dan taraf tingkat kesukaran dengan menggunakan analisis butir soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA N 5 Magelang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS IV. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan tekhnik random sampling dengan sampel sejumlah 28 siswa pada kelas XII IPS IV Tahun ajaran 2012-2013 di SMAN 5 Magelang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data dokumentasi berupa arsip berupa tes butir soal Ujian Sekolah kelas XII mata pelajaran bahasa Jepang.. Bentuk penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam menganalisis butir soal dengan menggunakan daya pembeda dan taraf tingkat kesukaran yaitu antara lain : berdasarkan tingkat kesukaran secara keseluruhan bahwa soal ujian sekolah tersebut dikatakan mudah karena hampir seluruh siswa bisa mengerjakan dengan mudah , dan sehingga berdasarkan daya pembeda pada soal ujian sekolah tersebut mengalami kesulitan untuk membedakan antara siswa pandai dan siswa kurang pandai.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, analisis butir soal |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Users 23382 not found. |
Date Deposited: | 30 Oct 2013 16:37 |
Last Modified: | 30 Oct 2013 16:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18229 |
Actions (login required)
View Item |