PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING dengan MEDIA CD PEMBELAJARAN untuk MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV B SDN MRANGGEN 2 DEMAK


Septi Diana Wijayani, 1402908087 (2013) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING dengan MEDIA CD PEMBELAJARAN untuk MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV B SDN MRANGGEN 2 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING dengan MEDIA CD PEMBELAJARAN untuk MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV B SDN MRANGGEN 2 DEMAK]
Preview
PDF (PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING dengan MEDIA CD PEMBELAJARAN untuk MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV B SDN MRANGGEN 2 DEMAK)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran di kelas IV SDN Mranggen 2. Proses pembelajaran berpusat pada guru, guru belum menggunakan metode yang bervariasi dan tidak menggunakan media pembelajaran. Siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran, tidak pernah dilakukan diskusi kelompok, pembelajaran kurang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa sehingga berdampak pada hasil belajar IPS yang belum mencapai KKM. Rumusan massalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) dan CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Mranggen 2 Demak?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui Contextual Teaching And Learning (CTL) dan CD pembelajaran pada siswa kelas IVb SDN Mranggen 2 Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVb SDN Mranggen 2 Demak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPS melalui CTL dan CD pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor 21dan pada pertemuan 2 diperoleh skor 26 dengan kategori baik. Padaa siklus II pertemuan 1 diperoleh skor 28 dan pada pertemuan 2 diperoleh skor 30 dengan kategori baik sekali. (2) aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran IPS melalui CTL dan CD pembelajaran mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi. Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata skor 22,75 dan pada pertemuan 2 rata-rata skor 23,3 dengan kategori baik. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata skor 26,77 dengan kategori baik dan pada pertemuan 2 rata-rata skor 29,11 dengan kategori baik sekali. (3) ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 41,3 % ( 12 dari 29 siswa) tuntas belajar dan setelah dilaksanakan tindakan penelitian pada siklus I rata-rata 69,74, dan pada siklus II rata-rata 80,34. Presentase ketuntasan belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 58,6% dan pada siklus II menjadi 81,05% dan memenuhi indikator keberhasilan yaitu 80% sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan CD pembelajaran berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang ditunjukkan pada peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru adalah guru dapat menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan media CD pembelajaran sebagai alternatif guna meningkatkan keterampilan mengajar yang lebih inovatif, aktivitas siswa lebih agar aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPS, Contextual Teaching And Learning dan CD pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 13:10
Last Modified: 30 Oct 2013 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18215

Actions (login required)

View Item View Item