PENGARUH TENAGA KERJA, UPAH MINIMUN REGIONAL (UMR), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PDRB PERKAPITA KABUPATEN/KOTA DI KAWASAN KEDUNGSEPUR (Kendal Demak Ungaran Semarang Grobogan Salatiga)


Ratri Heningtyas Utami, 7450407041 (2013) PENGARUH TENAGA KERJA, UPAH MINIMUN REGIONAL (UMR), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PDRB PERKAPITA KABUPATEN/KOTA DI KAWASAN KEDUNGSEPUR (Kendal Demak Ungaran Semarang Grobogan Salatiga). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TENAGA KERJA, UPAH MINIMUN REGIONAL (UMR), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PDRB PERKAPITA KABUPATEN/KOTA DI KAWASAN KEDUNGSEPUR (Kendal Demak Ungaran Semarang Grobogan Salatiga)]
Preview
PDF (PENGARUH TENAGA KERJA, UPAH MINIMUN REGIONAL (UMR), PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP PDRB PERKAPITA KABUPATEN/KOTA DI KAWASAN KEDUNGSEPUR (Kendal Demak Ungaran Semarang Grobogan Salatiga))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah di era otonomi daerah menghadapi berbagai tantangan baik internal maupun ekstemal seperti masalah kesenjangan dan iklim globalisasi. Kesenjangan dan globalisasi berimplikasi kepada daerah untuk melaksanakan percepatan pembangunan ekonomi daerah secara terfokus melalui kawasan dan produk andalannya. Di Jawa Tengah kawasan Kedungsepur merupakan kawasan yang mempunyai Pendapatan Domestik Regional Bruto yang paling besar, tetapi dalam pelaksanaannya kerjasama tersebut kurang berjalan secara efektif antara pertumbuhan ekonomi (PDRB) dan tingkat kesejahteraan (PDRB per kapita) yang timpang di kabupaten/kota yang tergabung di kawasan ini. Kerjasama Kedungsepur sendiri diharapkan mampu menciptakan pembangunan yang merata sehingga pertumbuhan ekonomi daerah di kawasan Kedungsepur bisa lebih maju dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tenaga kerja terhadap PDRB perkapita di wilayah Kedungsepur, mengetahui pengaruh UMR terhadap PDRB perkapita di wilayah Kedungsepur, mengetahui pengaruh pendapatan asli daerah terhadap PDRB perkapita di wilayah Kedungsepur, mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh tenaga kerja, UMR dan pendapatan asli daerah secara bersama-sama berpengaruh terhadap PDRB perkapita di wilayah Kedungsepur. Metode dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan metode General Least Square (GLS). Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa variabel UMR, dan PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDRB per kapita Kabupaten/Kota di kawasan Kedungsepur, sedangkan Tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDRB p er kapita Kabupaten/Kota di kawasan Kedungsepur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PDRB Perkapita, Tenaga Kerja, Upah Minimum Regional (UMR), Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 16:48
Last Modified: 30 Oct 2013 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18205

Actions (login required)

View Item View Item