Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daur Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal


Nurkhikmah, 1402408298 (2012) Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daur Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daur Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Keefektifan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daur Air Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas belajar IPA siswa sekolah dasar. Guru yang selalu menggunakan metode ceramah menyebabkan aktivitas dan hasil belajar yang rendah. Hal ini dibuktikan rendahnya nilai hasil belajar siswa kelas V SD Adiwerna 04. Dengan nilai KKM IPA 65, hanya 22 dari 37 siswa yang tuntas semester I tahun 2011/2012. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu adanya penggunaan variasi model pembelajaran yang sesuai sebagai pengganti metode ceramah, antara lain dengan menggunakan model PBL. Oleh karena itu, muncul permasalahan “apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa kelas V yang menggunakan model problem based learning (PBL) dan yang menggunakan metode ceramah? dan apakah ada peningkatan nilai hasil dan aktivitas belajar IPA siswa kelas V jika pembelajaran IPA menggunakan model PBL?” Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain post test only control design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Adiwerna 04 dan 05 Kabupaten Tegal dengan anggota populasi 76 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, diperoleh anggota sampel 66 siswa dengan kelompok kontrol 34 dan eksperimen 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, tes, dan observasi dengan menggunakan instrumen. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol yaitu 69,12 dan eksperimen 76,25. Karena nilai hasil belajar berdistribusi normal dan homogen, maka uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan model PBL dengan metode ceramah pada pembelajaran IPA. Berdasarkan pengamatan aktivitas belajar siswa, diperoleh skor aktivitas belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan model PBL pada pertemuan pertama sebesar 78,59% dengan kriteria sangat tinggi dengan rata-rata nilai siswa 78,59 dan pertemuan kedua 80,47% dengan kriteria sangat tinggi dengan rata-rata nilai siswa 80,47 dan kehadiran siswa 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan PBL efektif meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V di SD Adiwerna 04 maka seharusnya guru menggunakan model PBL sebagai variasi model pembelajaran IPA agar aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran problem based learning (PBL), hasil belajar, dan aktivitas Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:08
Last Modified: 30 Oct 2013 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18193

Actions (login required)

View Item View Item