PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)


Nina Agustiana, 1402408297 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS IV SD NEGERI MUARAREJA 02 TEGAL MATERI GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD))
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model Pembelajaran yang diterapkan di SDN Muarareja 02 Tegal selama ini adalah model pembelajaran yang kurang inovatif dimana kegiatan pembelajarannya masih didominasi oleh guru, sehingga siswa cenderung pasif dan kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari data hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Globalisasi Dari 26 siswa yang duduk di kelas IV, sebanyak 12 siswa atau 46,16%. memperoleh nilai di atas KKM. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar ini diperlukan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan oleh guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa adalah model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi Globalisasi pada siswa kelas IV SDN Muarareja 02 Tegal. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Muarareja 02 Tegal. Teknik pengumpulan data dilakukan pada akhir siklus dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini yaitu, hasil belajar atau jumlah siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (≥75) minimal 75%, aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan performansi guru dalam pembelajaran minimal B (≥70). Sedangkan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, dan sekolah. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa kelas IV pada siklus I yaitu: (1) rata-rata kelas 73,33; (2) ketuntasan belajar secara klasikal 54,16% ; (3) rata-rata aktivitas siswa 66,48%; (4) nilai performansi guru 76,37 dengan kriteria B. Hasil belajar pada siklus II yaitu : (1) rata-rata kelas 84,09; (2) ketuntasan belajar secara klasikal 81,81%; (3) rata-rata aktivitas siswa 79,62%; (4) nilai performansi guru 82,08 dengan kriteria AB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi pada siswa Globalisasi kelas IV SDN Muarareja 02 Tegal tahun pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD)
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:11
Last Modified: 30 Oct 2013 17:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18189

Actions (login required)

View Item View Item