PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA


Ajeng Puspa Suminar, 1402408295 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MATERI POKOK GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGSENTUL PURBALINGGA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi pokok Globalisasi di kelas IV SD Negeri 2 Karangsentul Purbalingga. Selain itu, motivasi dan aktivitas belajar siswa masih rendah karena guru hanya menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Dari latar belakang tersebut, disusun rumusan masalah yaitu “Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Globalisasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsentul Purbalingga?” Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Karangsentul Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 sejumlah 27 orang siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV, guru kelas, dan data dokumen. Data yang dihimpun merupakan data kualitatif mencakup hasil belajar siswa, rata-rata kelas, dan ketuntasan belajar klasikal; dan data kuantitatif meliputi aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes yang meliputi pengamatan dan dokumentasi. Alat pengumpul data berupa tes dan lembar pengamatan. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru meningkat sesuai indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 73,07% dengan rata-rata kelas 78,00. Sementara itu, aktivitas belajar siswa dan performansi guru memperoleh nilai 60,53% dan 77,38. Dengan hasil yang diperoleh, peneliti belum dapat memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, peneliti mengadakan perbaikan di siklus II supaya hasil penelitian dapat meningkat. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 92,59% dengan rata-rata kelas 86,85. Aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 78,24%, sedangkan performansi guru meningkat menjadi 90,74. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Karangsentul Purbalingga pada materi pokok Globalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 30 Oct 2013 17:13
Last Modified: 30 Oct 2013 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18181

Actions (login required)

View Item View Item