PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 08 KOTA TEGAL


Dini Setyaningrum, 1402408294 (2012) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 08 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 08 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALSARI 08 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 08 Kota Tegal tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran IPA materi pokok Bumi dan Alam Semesta masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu menumbuhkan keaktifan siswa dan mereka malas dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan model pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa ke arah yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 08 pada materi pokok Bumi dan Alam Semesta, serta bagaimana cara meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta performansi guru kelas V SD Negeri Tegalsari 08 pada pembelajaran. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut pada siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 08 Kota Tegal. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Tegalsari 08 Kota Tegal tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes, pengamatan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa sama dengan 68, dengan persentase ketuntasan minimal 75%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 73,95 dengan ketuntasan belajar klasikal 73,69%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sebesar 74,60% dengan kriteria tinggi, dan nilai performansi guru 85,21 (A). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 81,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 78,95%, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran 81,47% dengan kriteria sangat tinggi, dan nilai performansi guru 92,86 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa, serta performansi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:33
Last Modified: 31 Oct 2013 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18177

Actions (login required)

View Item View Item