PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KRANDON KOTA TEGAL


Umi Habibah, 1402408279 (2012) PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KRANDON KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KRANDON KOTA TEGAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PAIKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HIKMAH KRANDON KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi pokok bangun datar di kelas V MI Nurul Hikmah Krandon. Hal ini disebabkan guru belum menerapkan model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Penelitian ini mencakup pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM dalam pembelajaran matematika materi pokok bangun datar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi pokok bangun datar setelah menggunakan model PAIKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengadaptasi model Kemmis & Mc Taggart dengan dua siklus yang pada setiap siklusnya dilakukan dua tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester II MI Nurul Hikmah Krandon kota Tegal yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes, observasi dan dokumentasi. Model PAIKEM dikatakan efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematikaserta performansi guru apabila hasil belajar siswa mencapai rata-rata kelas ≥ 70, persentase tuntas belajar klasikal ≥ 75% dan nilai performansi guru ≥ 71. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar.Saat pelaksanaan pembelajaran siswa terlihat sangat antusias ketika mengikuti pembelajaran terutama saat siswa diberi tugas membuat gantungan yang berbentuk bangun datar dan saat melakukan permainan. Hal tersebut terbukti dari peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai mencapai 73,05%, pada siklus II meningkat menjadi 77,34%. Peningkatan tersebut juga seiring dengan peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata hasil belajar siklus I mencapai 66,65 dengan persentase tuntas belajar klasikal 60,53% nilai rata-rata hasil belajar siklus II meningkat menjadi 76,12, persentase tuntas belajar klasikal pun meningkat menjadi 81,58%. Penerapan model PAIKEM juga dapat meningkatkan performansi guru, Pada siklus I guru memperoleh nilai rata-rata mencapai 78,28 dan siklus II meningkat menjadi 82,74. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model PAIKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru dalam pembelajaran matematika dengan materi pokok bangun datar di kelas V MI Nurul Hikmah Krandon kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model PAIKEM, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Matematika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:34
Last Modified: 31 Oct 2013 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item