Peningkatan Pembelajaran Materi Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi Melalui Jigsaw pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal


Siti Indah Cahyani, 1402408276 (2012) Peningkatan Pembelajaran Materi Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi Melalui Jigsaw pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Pembelajaran Materi Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi Melalui Jigsaw pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal]
Preview
PDF (Peningkatan Pembelajaran Materi Teknologi Produksi, Komunikasi, Transportasi Melalui Jigsaw pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal semester 2 tahun pelajaran 2010/ 2011, termasuk dalam kategori rendah. Dari jumlah 30 siswa, yang memenuhi KKM hanya 6 siswa atau sebesar 20%. Hal ini dimungkinkan karena guru belum mengelola pembelajaran dengan model yang mengaktifkan siswa. Di samping itu, pendayagunaan media dan penggunaan metode belum bervariasi. Berdasarkan kecenderungan tersebut, peneliti mengadakan inovasi pembelajaran IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas IV SD Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian meliputi guru dan siswa kelas IV SD Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan mencakup nilai performansi guru minimal 71 (B), aktivitas belajar siswa minimal 70%, dan rata-rata nilai hasil belajar ≥71 dengan ketuntasan belajar klasikal ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performansi guru pada siklus I memperoleh nilai akhir sebesar 81,16 (AB) meningkat menjadi 92,35 (A), dan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memperoleh nilai sebesar 80,56 dengan kriteria AB pada siklus I meningkat menjadi 91,67 dengan kriteria A, pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70,10% dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 88,39% dengan kriteria sangat tinggi. Selain itu, aktivitas kelompok pada siklus I sebesar 75,13% dengan kriteria sangat tinggi meningkat menjadi 92,38% dengan kriteria sangat tinggi, pada siklus II. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 75,87 meningkat pada siklus II menjadi 93,03. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 60,61% meningkat pada siklus II menjadi 87,88%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPS materi Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri Pesurungan Lor 1 Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jigsaw; Pembelajaran IPS; Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:35
Last Modified: 31 Oct 2013 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18166

Actions (login required)

View Item View Item