SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013


Fakih Gunawan, 6102409004 (2013) SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (SURVEI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SDLB SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan orientasi pembelajaran pendidikan jasmani harus disesuaikan dengan perkembangan anak, isi dan uraian materi serta cara penyampaian harus disesuaikan sehingga menarik dan menyenangkan. Fakta di lapangan menunjukkan pembelajaran pendidikan jasmani adaptif yang dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa selama ini masih seperti memberikan pembelajaran kepada anak regular atau siswa normal dan dalam pelaksanaannya anak hanya sekedar bergerak saja tanpa ada persiapan materi apa yang akan diberikan, rancangan atau strategi tertentu untuk mempersiapkan pembelajarannya. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SDLB se-Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2012/ 2013? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di SDLB se-Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini adalah penelitian survei dengan menggunakan instrumen kuesioner tertutup. Populasi dalam penelitian ini adalah 9 SDLB di Kabupaten Gunungkidul. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling, yaitu 9SDLB di Kabupaten Gunungkidul. Kuesioner sebelumnya telah diujicobakan di SDLB se-kota Semarang. Setelah valid dan reliabel maka kuesioner tersebut digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran pendidikan jamani di SDLB se-Kabupaten Gunungkidul pada tahun ajaran 2012/2013 dengan prosentase rata-rata 84,38%, menunjukkan telah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani yang baik tersebut dipengaruhi tiga indikator, yaitu perencanaan pembelajaran yang baik dengan persentase 85,20%; proses pelaksanaan pembelajaran yang baik dengan persentase 84,40%; dan evaluasi pembelajaran yang baik dengan persentase 83,30%. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan jamani di SDLB se-Kabupaten Gunungkidul pada tahun ajaran 2012/2013 telah berjalan dengan baik. Beberapa saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian antara lain: pihak sekolah lebih bertanggungjawab terhadap efektivitas pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dan memberi kesempatan pengembangan pada diri siswa yang berkebutuhan khusus. Guru pendidikan jasmani hendaknya lebih kreatif dan meningkatkan kemampuan yang dimilki karena peserta didiknya adalah anak berkebutuhan khusus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif; SDLB; Survei
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:45
Last Modified: 31 Oct 2013 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18158

Actions (login required)

View Item View Item