PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI BERMAIN PERAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 02 BONGAS WATUKUMPUL


DIDIK NAUROFIQ, 1401911007 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI BERMAIN PERAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 02 BONGAS WATUKUMPUL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI BERMAIN PERAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 02 BONGAS WATUKUMPUL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DRAMA MELALUI BERMAIN PERAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 02 BONGAS WATUKUMPUL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kualitas pembelajaran drama pada siswa kelas V SDN 02 Bongas. Rendahnya kualitas pembelajaran ini dikarenakan guru belum menggunakan multi metode sehingga siswa merasa pasif dalam belajar. Dengan bermain peran dan model STAD dapat membuat siswa lebih aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Permasalahan yang akan dikaji adalah Bagaiamanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi drama kelas V di SD Negeri 02 Bongas Watukumpul ? dengan rincian,1) Apakah dengan Bermain Peran model STAD dapat meningkatkan kete-rampilan guru dalam pembelajaran drama kelas V SDN 02 Bongas ?, Apakah melalui Bermain peran model STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 02 Bongas Watukumpul ?,3) Apakah dengan menerapakan Bermain Peran melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Bongas ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 dengan jumlah siswa 35, terdiri dari 21 siswa perampuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalan dua siklus, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Data yang diperoleh adalah lembar observasi ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil tes tertulis. Hasil analisis pada siklus I untuk keterampilan guru diperoleh skor 73 (B), rata-rata aktivitas siswa 72 dengan persentase 77% dan hasil belajar siswa ratarata70, persentase 70,28% , TBK 91 %. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk ketrampilan guru menjadi 80% (B), rata-rata aktivitas 76 dengan persentase 97%, hasil belajar siswa rata-rata 76, persentase 76 % , TBK 97%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dan model STAD dapat meningkatkan ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran drama dikelas V SDN 02 Bongas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drama, Kualitas pembelajaran, Bermain Peran, Model STAD
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:45
Last Modified: 31 Oct 2013 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18157

Actions (login required)

View Item View Item