PERAN LPPOM MUI TERKAIT PEREDARAN BERBAGAI JENIS LABEL HALAL PADA PRODUK MAKANAN YANG BEREDAR DI PASARAN


DIMAS BAYU MURTI, 3450406041 (2013) PERAN LPPOM MUI TERKAIT PEREDARAN BERBAGAI JENIS LABEL HALAL PADA PRODUK MAKANAN YANG BEREDAR DI PASARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN LPPOM MUI TERKAIT PEREDARAN BERBAGAI JENIS LABEL HALAL PADA PRODUK MAKANAN YANG BEREDAR DI PASARAN]
Preview
PDF (PERAN LPPOM MUI TERKAIT PEREDARAN BERBAGAI JENIS LABEL HALAL PADA PRODUK MAKANAN YANG BEREDAR DI PASARAN)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Di pasaran banyak jenis label halal yang beredar hal ini yang menyebabkan konsumen bingung dalam menentukan label halal yang asli dan label halal yang palsu. Konsumen sendiri dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen yang terinformasi dan konsumen yang tidak terinformasi. Dalam hal ini, konsumen yang tidak terinformasilah yang banyak terlanggar hak-haknya serta banyak menjadi korban. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana cara sosialisasi kepada masyarakat tentang label halal yang resmi dari LPPOM MUI? 2) Bagaimanakah peran LPPOM MUI dalam pengawasan label halal yang beredar di pasaran? Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana dalam metode kualitatif sebagai prosedur untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang serta perilaku yang dapat diamati, yang menitikberatkan pada wawancara mendalam, pengamatan, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Cara LPPOM MUI dalam mensosialisasikan label halalnya yang resmi yaitu melalui Majelis Taklim, perusahaan-perusahaan IKM binaan dinas-dinas Kabupaten/Kota, brosur, spanduk, website. Namun sosialisasi tersebut kurang optimal karena tidak tersebar secara menyeluruh ke lapisan masyarakat. LPPOM MUI sudah berperan dalam pengawasan label halal yang beredar di pasaran faktanya sudah dilakukan pengawasan dari awal proses pendaftaran sampai produk tersebut sertifikasi. Namun dalam pengawasan label halal harus dibarengi dengan koordinasi yang baik antara LPPOM MUI dengan BPOM. Simpulan dalam penelitian ini adalah 1) Sosialisasi yang dilakukan oleh LPPOM MUI kurang menyeluruh, karena sosialisasi tersebut hanya diketahui oleh kalangan masyarakat tertentu saja, 2) Dalam peran pengawasan, LPPOM MUI hanya bersedia mengawasi produk halal yang sudah tersertifikasi saja sedangkan produk yang belum tersertifikasi pengawasannya diserahkan sepenuhnya kepada BPOM. Hal ini mengakibatkan situasi yang membingungkan dalam menentukan pihak mana yang lebih berwenang dalam melakukan pengawasan. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Diperlukan campur tangan dari pemerintah dalam mensosialisasikan label halal yang resmi, 2) Seharusnya pihak LPPOM MUI dan BPOM saling memperbaiki hubungan kerjasama dalam pengawasan label halal pada produk makanan yang beredar di pasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlidungan Konsumen, LPPOM MUI, Peredaran Label Halal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:43
Last Modified: 31 Oct 2013 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item View Item