PENERAPAN PERMAINAN SHOOTPASS (SHOOTING PASSING ATAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GENUKSARI 01 KOTA SEMARANG TAHUN 2012/2013
PIPIT NOFIYANI, 6101911178 (2012) PENERAPAN PERMAINAN SHOOTPASS (SHOOTING PASSING ATAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GENUKSARI 01 KOTA SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PERMAINAN SHOOTPASS (SHOOTING PASSING ATAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI GENUKSARI 01 KOTA SEMARANG TAHUN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas, emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan pembelajaran passing atas melalui permainan shootpass (shooting passing atas) pada siswa kelas IV SDN Genuksari 01. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan pendekatan bermain shootpass (shooting passing atas) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing atas kelas IV SDN Genuksari 01? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Genuksari 01 yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan terhadap proses pembelajaran dan hasil tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran passing atas yang dilakukan dengan pendekatan permainan shotpass pada siswa kelas IV SD Negeri Genuksari 01 secara kualitatif dalam tiap pertemuan selalu ada peningkatan. Sedangkan secara kuantitatif diakhir pertemuan menunjukkan nilai rata-rata kognitif 81%, afektif 74% dan psikomotor 76% sedangkan nilai rata-rata kelas tuntas KKM 75 yaitu nilai rata-rata kelas mencapai 77. Dengan jumlah siswa yang sudah mencapai KKM (tuntas) ada 33 siswa, dan yang belum mencapai KKM (belum tuntas) ada 7 siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ada peningkatan yang positif dalam pembelajaran passing atas melalui permainan shootpass. Bahwa dengan bermain shootpass dapat meningkatkan hasil belajar maupun proses pembelajaran passing atas pada siswa kelas IV SD Negeri Genuksari 01. Hal tersebut dibuktikan dengan indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar siswa, yaitu hasil nilai rata-rata satu kelas dapat mencapai lebih dari atau sama dengan nilai KKM (75) yaitu 77. Jadi, pendekatan permainan shootpass dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pembelajaan passing atas. Permainan shootpass menekankan pemahaman bermaian yang berpusat pada siswa sehingga siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran, passing atas, permainan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22788 not found. |
Date Deposited: | 31 Oct 2013 17:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2013 17:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18147 |
Actions (login required)
View Item |