EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS VII DI SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Afiatun Nisa, 3101409028 (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS VII DI SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEJARAH SISWA KELAS VII DI SMP N 10 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil Belajar Siswa Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran IPS Sejarah di SMP N 10 Semarang tergolong masih rendah, hasil nilai ulangan harian menunjukkan 46% dari jumlah total siswa sudah mencapai KKM sedangkan 54% siswa lainnya belum mencapai KKM. Hal tersebut dikarenakan mata pelajaran IPS Sejarah yang dalam penerapannya selalu menggunakan metode ceramah setiap kali dalam proses pembelajaran, hal ini menyebabkan kurang mengembangkan kemampuan belajar dan membangun individu sehingga minat belajar turun. Kurangnya minat siswa terhadap materi IPS Sejarah dapat mengakibatkan nilai hasil belajar siswa turun. Model pembelajaran yang dicobakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah pembelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) lebih efektif dibandingkan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan hasil belajar IPS Sejarah kelas VII SMP N 10 Semarang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan metode Pre- Eksperimental Design, yaitu menggunakan jenis desain one-group pretest-posttest design dengan populasi siswa kelas VII SMP N 10 Semarang. Sampel yang digunakan dengan teknik purposif. Kelas VII B merupakan kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai ulangan pada kompetensi dasar mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya, setelah dianalisis data dengan menggunakan uji statistik diperoleh t
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2013 17:10 |
Last Modified: | 29 Oct 2013 17:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18141 |
Actions (login required)
View Item |