PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELING PADA SISWA KELAS II SDN 2 TEGOWANU KULON KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN


Dwi Srihartini, 1401910044 (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELING PADA SISWA KELAS II SDN 2 TEGOWANU KULON KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELING PADA SISWA KELAS II SDN 2 TEGOWANU KULON KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI METODE MODELING PADA SISWA KELAS II SDN 2 TEGOWANU KULON KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon menunjukkan hasil belajar siswa yang belum maksimal, hal ini dapat dilihat dalam pencapaian ketuntasan klasikal yang diperoleh 58% dengan implikasi aktivitas siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya mem baca puisi cenderung pasif, guru kurang menggunakan metode dalam pembe- lajaran.Adapun cara untuk mengatasi permasalah tersebut yaitu melalui metode modeling. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah melalui metode modeling, dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengajarkan membaca puisi di kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan? 2) Apakah melalui metode modeling, dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran mem baca puisi di kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan?3) Apakah melalui metode modeling, dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca puisi di kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan? Tujuan dari penelitian sesuai dengan rumusan masalah diatas melalui modeling dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam hal meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon. Metode penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 2 Tegowanu Kulon tahun pelajaran 2011/2012, dengan jumlah siswa 31 terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel Penelitian yaitu keteram pilan guru, aktivitas siswa dan hasil keterampilan siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus. Data yang digunakan data analisis deskriptif komperatif dengan mem bandingkan hasil penelitian siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Siklus I rata-rata keteram pilan guru 69 dengan kategori baik, siklus II 81 dengan kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas siswa siklus I memperoleh 72% dengan kategori baik, siklus II memperoleh 76% dengan kategori baik. Hasil secara keseluruhan keterampilan guru dan aktivitas siswa sudah baik. Keterampilan siswa dalam membaca puisi dan hasil tes formatif siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan klasikal 58%, siklus 2 memperoleh rata-rata 76 dengan ketuntasan klasikal 84%. Simpulan dalam penelitian ini bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dalam keterampilan membaca puisi melalui metode modeling dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu meningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam membaca puisi. Disarankan guru melaksanakan refleksi tentang pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modeling, Membaca Puisi, Kualitas Pembelajaran.
Subjects: P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:23
Last Modified: 31 Oct 2013 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18130

Actions (login required)

View Item View Item