PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BAWAH MELALUI MEDIA BERMAIN KASVOL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGBOKOR 01 KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2013


EKO PRASETYO, 6101911165 (2013) PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BAWAH MELALUI MEDIA BERMAIN KASVOL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGBOKOR 01 KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BAWAH MELALUI MEDIA BERMAIN KASVOL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGBOKOR 01 KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BAWAH MELALUI MEDIA BERMAIN KASVOL BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KEDUNGBOKOR 01 KECAMATAN LARANGAN KABUPATEN BREBES TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang monoton mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penerapan media pendekatan bermain kasvol diharapkan siswa mengalami peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar service dan passing bawah siswa kelas IV SD Negeri Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kab. Brebes Tahun 2013 setelah mengikuti pembelajaran melalui media bermain kasvol. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Kedungbokor 01 Kec. Larangan Kab. Brebes, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua jenis data yaitu: berupa data kuantitatif (hasil tes, presentasi tugas, dan lain-lain) atau data kualitatif yang menggambarkan keaktifan siswa, antusias siswa dan lain-lain. Hasil siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 50% siswa memiliki hasil belajar yang tinggi, dan 50% siswa memiliki hasil belajar yang sedang. Hasil yang diperoleh belum memenuhi criteria minimal yang ditetapkan yaitu hasil belajar siswa ≥ 75%, sehingga perlu dilaksanakan siklus II. Hasil siklus II menunjukkan bahwa sebanyak 83% siswa memiliki hasil belajar yang sangat tinggi, dan 17% siswa yang memiliki hasil belajar yang sedang. Hasil yang diperoleh sudah sudah memenuhi criteria minimal yang ditetapkan yaitu ≥ 75%. Hasil penilaian peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dan Siklus II diketahui terjadi peningkatan yang sangat tinggi dari 50% menjadi 83%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bermain kasvol dapat meningkatkan hasil belajar service dan passing bawah siswa kelas IV SD Negeri Kedungbokor 01 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Tahun 2013. Dari hasil penelitian ini diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan media pembelajaran bermain kasvol pada siswa dapat sebagai salah satu media pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Servis dan Passing, Bola Voli, Media Bermain Kasvol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:32
Last Modified: 31 Oct 2013 17:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18108

Actions (login required)

View Item View Item