MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TENGARAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN 2013


Cica Yuli Kuswoyo, 6101911160 (2013) MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TENGARAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TENGARAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (MENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PERMAINAN BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI TENGARAN 01 KEC. TENGARAN KAB. SEMARANG TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan melalui pendekatan permainan bola berantai dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli mini pada siswa kelas V SDN Tengaran 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2012/2013 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas V SD N Tengaran 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2012 / 2013 melalui permainan bola berantai dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Tengaran 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 41 siswa. Data hasil belajar passing bawah bolavoli diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui modifikasi permainan bola berantai dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh berdasarkan penilaian tiga aspek yaitu psikomotor, afektif, dan kognitif. Dari hasil penilaian tersebut, terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi siklus I ke siklus II. Hasil belajar passing bawah bolavoli yang diperoleh dari siklus I adalah sebanyak 26 siswa atau persentase ketuntasan 63,41%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 35 siswa atau persentase ketuntasan menjadi 85,37% dari jumlah keseluruhan siswa. Sehingga peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 21,96% atau 9 siswa dari jumlah keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa melalui modifikasi permainan bola berantai dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli mini pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tengaran 01 Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Dan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dapat menerapakan pembelajaran dengan pendekatan bermain dalam pelajaran Pendidikan Jasmani khususnya pada gerak dasar passing bawah bola voli mini

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing Bawah, Bola voli, Permainan Bola Berantai,Siswa Kelas V.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:35
Last Modified: 31 Oct 2013 17:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18101

Actions (login required)

View Item View Item