PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BALAPULANG KULON 02


Rizki Fitriah, 1402408274 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BALAPULANG KULON 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BALAPULANG KULON 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI BALAPULANG KULON 02)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis deskripsi pada siswa kelas III SD Negeri Balapulang Kulon 02 cenderung berpusat pada guru dan penggunaan media kurang variatif. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran serta hasil belajar siswa kurang optimal. Tindakan sebagai upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menggunakan pendekatan tematik melalui media gambar seri pada materi menulis deskripsi pada siswa kelas III SD Negeri Balapulang Kulon 02. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan pembelajaran yang diakhiri dengan tes formatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar seri. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Hasil pre test menunjukkan nilai rata-rata kelas sebesar 54,02 meningkat menjadi 76,65 pada hasil post test. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,5, ketuntasan belajar klasikal 61,77%, persentase keaktifan siswa 79,20%, dan performansi guru sebesar 82, 625. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 73,78, ketuntasan belajar klasikal 91,18%, persentase keaktifan siswa 84,07%, dan performansi guru sebesar 89. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penelitian ini mampu menjawab tujuan penelitian, yakni pendekatan tematik melalui gambar seri dapat meningkatkan aktivitas belajar, performansi guru, dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Balapulang Kulon 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Menulis Deskripsi, Pendekatan Tematik, Gambar Seri
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:40
Last Modified: 31 Oct 2013 17:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18079

Actions (login required)

View Item View Item