PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM KARTINI JEPARA


Wara Dirgantara, 7350408050 (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM KARTINI JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM KARTINI JEPARA]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG MUSEUM KARTINI JEPARA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan salah satu hal penting yang harus diwujudkan oleh perusahaan. Kepuasan konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kualitas pelayanan dan nilai pelanggan. Kepuasan konsumen harus dapat diwujudkan oleh Museum Kartini Jepara untuk bisa menarik masyarakat agar mau berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pengunjung Museum Kartini Jepara baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Museum Kartini Jepara. Sampel penelitian menggunakan teknik non probability sampling dengan pendekatan accidental sampling sejumlah 96 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini kualitas pelayanan (X1) dan nilai pelanggan (X2), variabel terikat (Y) kepuasan konsumen. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 9,468 + 0,282X1 + 0,407X2 menunjukan bahwa kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial, diperoleh t-hitung kualitas pelayanan 3,757 dan nilai pelanggan 3,100. Secara simultan, diperoleh F-hitung 34,823 menunjukkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 41,6% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan, 58,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen secara parsial maupun secara simultan. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah pihak museum hendaknya mengambil kebijakan terkait dengan peningkatan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan karena kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pengujung. Peneliti selanjutnya diharapkan menambah responden dan dalam penelitiannya tidak hanya mengambil sudut pandang pada pengunjung tapi juga pada pihak museum, sehingga lebih mampu menjelaskan variabel yang mempengaruhi kepuasan konsumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2013 16:21
Last Modified: 28 Oct 2013 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18066

Actions (login required)

View Item View Item