PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT KARYA KERAJINAN DAN BENDA KONSTRUKSI MELALUI TEKNIK MODELLING KELAS IV DI SD NEGERI GANTUNGAN 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL


Waitdya Susilawati, 1402408230 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT KARYA KERAJINAN DAN BENDA KONSTRUKSI MELALUI TEKNIK MODELLING KELAS IV DI SD NEGERI GANTUNGAN 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT KARYA KERAJINAN DAN BENDA KONSTRUKSI MELALUI TEKNIK MODELLING KELAS IV DI SD NEGERI GANTUNGAN 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMBUAT KARYA KERAJINAN DAN BENDA KONSTRUKSI MELALUI TEKNIK MODELLING KELAS IV DI SD NEGERI GANTUNGAN 01 KECAMATAN JATINEGARA KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran SBK materi karya kerajinan dan benda konstruksi siswa kelas IV SD Negeri Gantungan 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal pada tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah dengan rata-rata kelas 64,04 dan ketuntasan klasikal 65%. Hal ini terjadi karena teknik pembelajaran yang digunakan guru lebih didominasi dengan teknik ceramah. Siswa lebih banyak duduk diam, serta diberikan tugas saja pada saat pembelajaran berlangsung. Akibatnya siswa cenderung bosan terhadap pembelajaran. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Guru perlu menggunakan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa agar pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar siswa, maka dilakukan penelitian yang berjudul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Membuat Karya Kerajinan dan Benda Konstruksi melalui Teknik Modelling Kelas IV di SD Negeri Gantungan 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal”. Subyek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Gantungan 01 Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif, pengamatan aktivitas pembuatan produk, hasil produk serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 65 dengan presentase ketuntasan minimal 80%, presentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70% dan skor performansi guru minimal B (71). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa 68,83 dengan ketuntasan belajar klasikal 69,64%, persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 68,67% dan nilai perfor mansi guru 80,63 (AB). Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa 74,86 dengan ketuntasan belajar klasikal 97,14%, persentase aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran sebesar 74% dan nilai performansi guru 95,88 (A). Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa Teknik Modelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Modelling, Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:44
Last Modified: 31 Oct 2013 17:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18051

Actions (login required)

View Item View Item