Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal


Cintiana, 1402408228 (2012) Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Model Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sumber Daya Alam pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA selama ini masih menggunakan metode ceramah yang cenderung berpusat pada guru. Hal ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu adanya suatu perubahan berkaitan dengan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Model pembelajaran snowball throwing merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada kemampuan merumuskan pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan yang menarik. Pembelajaran IPA dengan model snowball throwing diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari penjelasan tersebut, muncul permasalahan “Bagaimanakah penerapan model snowball throwing untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal?” Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 04 dan 05 Kabupaten Tegal yang berjumlah 59 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan tabel Krecjie dengan α = 5% dan jumlah populasi 59 siswa, diperoleh anggota sampel sebanyak 52 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu model snowball throwing, aktivitas dan hasil belajar. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Berdasarkan hasil pengamatan pada pertemuan I, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 80,51 dan persentase aktivitas belajar sebesar 80,51% dengan kriteria sangat tinggi. Sementara pada pertemuan II, diperoleh rata-rata skor aktivitas belajar sebesar 85,22 dan persentase aktivitas belajar sebesar 85,22% dengan kriteria sangat tinggi. Skor dan persentase aktivitas belajar lebih besar dari indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 dan 75%, sehingga dapat dinyatakan bahwa aktivitas belajar siswa yang mendapatkan model snowball throwing meningkat. Berdasarkan hasil uji normalitas, dapat diketahui bahwa data kelompok eksperimen dan kontrol tidak semuanya berdistribusi normal, sehingga analisis data langsung dilanjutkan untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh taraf signifikansi yang berada di bawah 0,05 yaitu sebesar 0,036, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing secara signifikan lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Adiwerna 04 Kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:45
Last Modified: 31 Oct 2013 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18040

Actions (login required)

View Item View Item