RANCANG BANGUN SISTEM ONLINE PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENCARI KERJA (AK/I) PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BREBES


Nurkholis Wahyudi, 4112310002 (2013) RANCANG BANGUN SISTEM ONLINE PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENCARI KERJA (AK/I) PADA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112310002.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada proses pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes adalah lamanya proses pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) karena masih menggunakan cara manual ketika mengisi data diri pencari kerja. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sistem online pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes. Sistem informasi ini dibuat berbasis web dengan menggunakan PHP dan MySQL. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi rancang bangun sistem online pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) dalam proses pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I)? (2) bagaimana implementasi rancang bangun sistem online pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) dalam pengelolaan database pencari kerja? Data yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah data pegawai dan data pencari kerja Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes sebagai data utama di dalam sistem. Produk jadi rancang bangun sistem online pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) adalah sebuah web yang berisi informasi profil Kabupaten Brebes dan Depnakertrans, informasi syarat-syarat pendaftaran pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I), informasi pegawai dan pencari kerja di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes, sehingga memudahkan pengguna untuk mencari informasi dan melakukan pendaftaran untuk membuat kartu tanda pencari kerja di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes. Simpulan yang diperoleh adalah implementasi rancang bangun sistem online pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) memudahkan dalam pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja (AK/I) dan memudahkan dalam mengelola database pencari kerja di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes. Peneliti menyarankan bahwa sistem informasi dengan berbasis web dengan menggunakan PHP dan MySQL tersebut dapat digunakan di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Brebes. Peneliti menyarankan apabila sistem tersebut ingin dikembangkan, bisa lebih ditingkatkan lagi dengan ditambahkan perangkat foto webcame untuk dapat foto terbaru pencari kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi berbasis web, metode pengembangan sistem, Rancang bangun, kartu tanda pencari kerja (AK/I).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:45
Last Modified: 31 Oct 2013 11:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item