KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR ELEKTRONIK DENGAN MEDIA ALAT SEBENARNYA DAN MEDIA ANIMASI


Feri Triyono , 5201408005 (2012) KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR ELEKTRONIK DENGAN MEDIA ALAT SEBENARNYA DAN MEDIA ANIMASI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR ELEKTRONIK DENGAN MEDIA ALAT SEBENARNYA DAN MEDIA ANIMASI]
Preview
PDF (KOMPARASI HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN ALAT UKUR ELEKTRONIK DENGAN MEDIA ALAT SEBENARNYA DAN MEDIA ANIMASI)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur elektronik dengan media alat sebenarnya dan media animasi, serta untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan alat ukur elektronik dengan media alat sebenarnya dan media animasi. Penyusunan dan perancangan animasi yang digunakan sebagai media pembelajaran pada penelitian ini dilakukan oleh peneliti. Pembuatan animasi menggunakan software Adobe Flash Professional CS5. Software Adobe Flash Professional CS5 ini memiliki kelebihan diantaranya program mudah untuk dijalankan. Penelitian ini dilakukan di SMK Nusantara 1 Comal karena sarana dan prasarana seperti media pembelajaran LCD sudah memenuhi kriteria namun pemanfaatan animasi dalam pembelajaran masih kurang sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen The Static Group Pretest Post-test Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 Comal tahun pelajaran 2011/ 2012. Pada penelitian ini sampel diambil secara acak dengan undian. Hasil dari undian didapatkan kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil analisis deskriptif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok penelitian mengalami peningkatan. Namun besarnya peningkatan berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dapat dilihat bahwa pada kelompok kontrol terjadi peningkatan nilai hasil belajar sebesar 48,56% dari rata-rata awal 47,27 menjadi 70,23. Sedangkan hasil analisis pre-test dan post-test kelompok eksperimen atau kelompok yang diajarkan menggunakan media animasi menunjukkan peningkatan yang lebih besar yaitu dari rata-rata awal 48,71 menjadi 80,53 prosentase peningkatan sebesar 65,32%. Peningkatan yang signifikan pada media animasi disinyalir karena kelompok belajar yang diajarkan besar yaitu 44 siswa, sehingga pembelajaran dengan media animasi dinilai lebih mudah untuk dipahami dan dimengerti karena contoh penggunaan alat ukur elektronik mampu ditampilkan dengan menggunakan LCD proyektor sehingga seluruh siswa yang berada di kelas dapat memperhatikan. Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan adanya perbedaan dari dua kelompok penelitian. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar kompetensi dasar menggunakan alat ukur elektronik dengan media alat sebenarnya dan media animasi pada pembelajaran kompetensi dasar menggunakan alat ukur elektronik siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Nusantara 1 comal tahun 2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media alat sebenarnya, media animasi, alat ukur elektronik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2013 10:33
Last Modified: 28 Oct 2013 10:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17995

Actions (login required)

View Item View Item