EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGISIAN TIPE IC REGULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 10 SEMARANG


Ardistya Ratna Yuniaji , 5201407021 (2012) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGISIAN TIPE IC REGULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 10 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGISIAN TIPE IC REGULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 10 SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PERAGA SISTEM PENGISIAN TIPE IC REGULATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 10 SEMARANG)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengisian pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 10 Semarang tahun ajaran 2012/ 2013 yang pembelajarannya menggunakan media peraga sistem pengisian. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media peraga sistem pengisian dan mengetahui peningkatan hasil belajar kompetensi sistem pengisian sebelum dan sesudah menggunakan media peraga sistem pengisian. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis pretests - posttest control group design, yaitu adanya pre test pada kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar kompetensi sistem pengisian sebelum dan setelah menggunakan media peraga sistem pengisian. Hal itu terlihat pada hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen sebelum menggunakan media peraga sistem pengisian (pre test) sebesar 61,82 dan nilai rata-rata kelompok eksperimen setelah menggunakan media peraga sistem pengisian (post test) sebesar 85,66 sehingga penggunaan media peraga sistem pengisian telah berjalan dengan baik karena hasil belajar kompetensi sistem pengisian mengalami peningkatan dari sebelum menggunakan media peraga sistem pengisian. Persentase hasil belajar kelompok eksperimen lebih meningkat 25,4 % dari pada kelompok kontrol. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan media peraga sistem pengisian dapat meningkatkan hasil belajar kompetensi sistem pengisian pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 10 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media peraga sistem pengisian.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2013 10:11
Last Modified: 28 Oct 2013 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17989

Actions (login required)

View Item View Item