PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS V SD NEGERI BREBES 14


Asep Awaludin, 2401408011 (2013) PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS V SD NEGERI BREBES 14. Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS V SD NEGERI BREBES 14]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN MENGGAMBAR ILUSTRASI DI KELAS V SD NEGERI BREBES 14)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menggambar ilustrasi di Sekolah Dasar memiliki peranan penting dalam pengembangan kreativitas dan imajinasi siswa. Khususnya bagi siswa kelas V yang berada pada kisaran usia 10-11 tahun, termasuk dalam fase perkembangan awal realisme berdasarkan karakteristik gambarnya. Oleh karena itu peneliti terpanggil untuk meneliti pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas V SD Negeri Brebes 14. Melihat kenyataannya di SD Negeri Brebes 14 terdapat seorang guru yang mengajar mata pelajaran SBK yang tidak seperti sekolah dasar pada umumnya. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas V SD Negeri Brebes 14, (2) bagaimana hasil karya siswa kelas V SD Negeri Brebes 14 dalam pembelajaran menggambar ilustrasi, (3) faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas V SD Negeri Brebes 14. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran menggambar ilustrasi di kelas V SD Negeri Brebes 14 dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan guru menyusun rancangan pembelajaran, namun rancangan tersebut masih belum sesuai dengan pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan guru. Dalam pelaksanaan guru menggunakan beberapa metode. Metode ceramah dalam menyampaikan materi pembelajaran yang diselingi dengan tanya jawab kepada siswa. Metode demonstrasi, guru dengan memberikan contoh teknik membuat bentuk gambar hewan. Metode penugasan, siswa ditugaskan guru untuk membuat gambar ilustrasi menggunakan referensi dari buku bergambar ilustrasi hewan yang ada di perpustakaan. Metode penugasan yang dilakukan guru menjadikan siswa dalam berkarya gambar ilustrasi cenderung mencontoh pada gambar yang sudah ada, akibatnya kreativitas dan imajinasi siswa belum dapat berkembang. Terlihat siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran ketika diarahkan guru menuju perpustakaan. Hasil karya siswa kelas V SD Negeri Brebes 14 dalam pembelajaran menggambar ilustrasi menunjukkan hasil yang cukup baik. Berdasarkan nilai rata-rata gambar ilustrasi siswa kelas V yang telah dinilai guru diperoleh rata-rata 80. Faktor pendukung pembelajaran menggambar ilustrasi meliputi siswa antusias mengikuti pembelajaran, adanya guru pelajaran SBK, sumber belajar yang disediakan sekolah, pemanfaatan lingkungan sekolah. Faktor penghambat pembelajaran menggambar ilustrasi meliputi adanya siswa yang masih susah diatur dan kurang bersungguh-sungguh dalam berkarya, pemanfaatan viii sumber belajar ketika berkarya yang kurang tepat bagi siswa, ruang perpustakaan tidak cukup luas. Saran yang diberikan peneliti: (1) pihak sekolah hendaknya dapat mengawasi dan terus mendukung dalam kebutuhan pengembangan pembelajaran menggambar ilustrasi di sekolah, (2) guru hendaknya lebih cermat dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat agar siswa lebih dapat mengembangkan kreativitas dan imajinasinya ketika berkarya gambar ilustrasi, (3) guru diharapkan untuk lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran yang tepat agar dapat menarik minat siswa saat guru menyampaikan materi pembelajaran menggambar ilustrasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pembelajaran Seni Rupa, Menggambar Ilustrasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:44
Last Modified: 22 May 2014 10:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17974

Actions (login required)

View Item View Item