MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PAGUYANGAN 01 KABUPATEN BREBES
Ratih Nurillah Rosyadi, 1402408059 (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PAGUYANGAN 01 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI PAGUYANGAN 01 KABUPATEN BREBES)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru kelas ratarata hasil menulis narasi siswa kelas IV belum memenuhi KKM. KKM mata pelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri Paguyangan 1 adalah 67. Siswa mengalami masalah belajar menulis narasi. Perlu dilakukan tindakan pemecahan masalah menulis narasi. Alternatif pemecahan masalah belajar menulis narasi adalah melalui penggunaan media gambar seri. Gambar seri dianggap dapat memberikan motivasi belajar siswa dan merangsang siswa untuk menemukan ide menulis. Faktor yang diselidiki dalam penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis narasi melalui penggunaan media gambar seri. Tujuan penelitian adalah meningkatkan proses dan hasil belajar menulis narasi pada siswa kelas IV di SD Negeri Paguyangan 01 Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Paguyangan Kabupaten Brebes. Pengumpulan data di setiap siklus menggunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes yang dipilih oleh peneliti adalah berupa tes esai. Teknik nontes berupa observasi aktivitas belajar siswa, observasi penggunaan media gambar seri dan observasi performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Peningkatan ini terjadi pada hasil tes maupun nontes. Rata-rata nilai tes siswa pada siklus I mencapai 73,4. Rata-rata nilai tes siswa mengalami peningkatan pada siklus II yakni menjadi 77,78. Perubahan sikap atau aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 79,85. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil simpulan penelitian. Simpulan penelitian, penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Paguyangan. Saran yang disampaikan peneliti adalah guru hendaknya menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran menulis narasi. Siswa sebaiknya aktif selalu dilatih menulis narasi. Guru dalam hal ini aktif pula memberikan penguatan dan penghargaan kepada siswa yang memberikan respon baik atas umpan balik yang diberikan guru. Peneliti juga menyarankan agar sekolah hendaknya ikut menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang berlangsungnya pembelajaran yang baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Narasi, dan Media Gambar Seri. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 10:50 |
Last Modified: | 22 May 2014 10:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17959 |
Actions (login required)
View Item |