PENINGKATAN PEMBELAJARAN STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGKAP 01 BUMIAYU BREBES


Elia Pirhantari, 1402408058 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGKAP 01 BUMIAYU BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGKAP 01 BUMIAYU BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI LANGKAP 01 BUMIAYU BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA yang ideal seharusnya memunculkan semua komponenkomponen pembelajaran. Dalam pelaksanaannya sebaiknya guru menggunakan metode, model, sumber belajar, dan media yang menunjang proses pembelajaran. Tujuannya agar hasil dan aktivitas belajar siswa dapat meningkat. Kenyataan dilapangan berbanding terbalik dengan pembelajaran IPA di sekolah dasar yang seharusnya. Pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menggunakan metode ceramah yang belum bervariasi. Hal ini berakibat pada hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa yang rendah, terbukti dari hasil tes formatif IPA materi struktur bumi dan matahari yang sebagian besar siswa memperoleh nilai dibawah KKM yang telah ditentukan. Bukti ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas V SDN Langkap 01 serta performasi guru dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas V SDN Langkap 01 Bumiayu Brebes. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pada masing-masing siklus, pertemuan pertama digunakan untuk pembelajaran, diakhiri test evaluasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan, sedangkan pada pertemuan kedua digunakan untuk pembelajaran diakhiri dengan test evaluasi. Indikator yang ditetapkan antara lain; (1) Rata-rata kelas sekurang-kurangnya 62, (2) Persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 75%, (3) Aktivitas siswa lebih dari 65%, dan (4) Skor performansi guru minimal B. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa meningkat (siklus I rara-rata kelas 72, persentase ketuntasan belajar klasikal 74,07%, dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas mencapai 81, persentase ketuntasan klasikal belajar mencapai 88,89%). (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan (siklus I 68%, dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai 77%). (3) performansi guru juga mengalami peningkatan (nilai performansi guru pada siklus I yaitu 83, 25, dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai 89). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pembelajaran struktur bumi dan matahari setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran struktur bumi dan matahari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pembelajaran, Struktur Bumi dan Matahari, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 10:51
Last Modified: 22 May 2014 10:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item View Item