PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL
Gustin Indra Setiana, 1402408056 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS II SD NEGERI KEMANDUNGAN 3 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Nilai Kejujuran, Kedisiplinan, dan Senang Bekerja. Hal demikian terjadi karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dalam menyampaikan materi tanpa ada variasi dengan metode lain, sehingga aktivitas belajar siswa belum optimal. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran VCT Permainan pada pembelajaran PKn materi Nilai Kejujuran, Kedisiplinan, dan Senang Bekerja dengan tujuan meningkatkan performansi guru serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal. Penelitian dalam skripsi ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran VCT Permainan. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur penelitian yang dilakukan pada setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Jenis data yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil belajar dan data kualitatif yang berupa data hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa dan performansi guru. Sumber data diambil dari siswa, guru, dan data dokumen. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu ketuntasan hasil belajar mencapai 75%, nilai rata-rata ≥ 70, aktivitas belajar siswa meningkat, dan nilai performansi guru minimal B. Hasil penelitian pada siklus I yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 73,33% dengan nilai rata-rata sebesar 75,33, sedangkan aktivitas belajar siswa sebesar 72,43% dan nilai performansi guru sebesar 79,06. Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 93,55% dengan nilai rata-rata sebesar 84,50, sedangkan aktivitas belajar siswa sebesar 77,42% dan nilai performansi guru mencapai 84,58. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 20,22%, nilai rata-rata meningkat sebesar 9,17, aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 4,99%, sedangkan nilai performansi guru meningkat sebesar 5,52. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT Permainan dapat meningkatkan performansi guru, serta aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Kemandungan 3 Kota Tegal tahun ajaran 2011/2012 pada mata pelajaran PKn materi Nilai Kejujuran, Kedisiplinan, dan Senang Bekerja
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran VCT Permainan, Hasil Belajar, PKn. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Retma IF Perpustakaan Unnes |
Date Deposited: | 22 May 2014 10:51 |
Last Modified: | 22 May 2014 10:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17956 |
Actions (login required)
View Item |