PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGBARANG 02 KABUPATEN CILACAP


Sucy Lutfiana, 1401409335 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGBARANG 02 KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGBARANG 02 KABUPATEN CILACAP]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI METODE COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SINDANGBARANG 02 KABUPATEN CILACAP)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Sindangbarang 02 Kabupaten Cilacap masih berpusat pada guru. Guru belum menggunakan metode belajar inovatif yang kreatif dan menarik. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa masih relatif rendah dalam pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tindakan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas dan hasil belajar siswa adalah menerapkan metode course review horay dalam pembelajaran IPA materi pengelolaan sumber daya alam siswa kelas IV SD Negeri Sindangbarang 02 Kabupaten Cilacap. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari 4 tahap meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan hasil perolehan tes formatif pada tiap pertemuan. Sedangkan data hasil non tes merupakan hasil pengamatan melaui lembar pengamatan performansi guru dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Nilai performansi guru mengalami peningkatan sebesar 6,8 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai akhir performansi guru adalah 86,9 (A). Sementara itu, siklus II nilai akhir performansi guru meningkat menjadi 93,7 (A). Peningkatan performansi guru, berdampak positif bagi aktivitas belajar siswa. Pada siklus I persentase aktivitas beajar siswa mencapai 74,8% dengan kriteria tinggi. Kemudian pada siklus II persentase keaktifan meningkat sebesar 16,1% yaitu menjadi 90,9% dengan ktiteria sangat tinggi. Pengaruh aktivitas belajar siswa berbanding lurus hasil belajar siswa. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa (ketuntasan klasikal) meningkat dari 75,5% di siklus I menjadi 84,4% disiklus II. Seluruh presentase ketuntasan klasikal tersebut telah memenuhi indikator keberhasilan dengan kriteria minimum 75%. Maka dari itu, guru kelas IV disarankan supaya dapat menerapkan metode course review horay dalam kegiatan pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pengelolaan sumber daya alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sumber daya alam, metode course review horay
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:52
Last Modified: 22 May 2014 10:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item