ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI TAS ADI ARYA COLLECTION KENDAL BERDASARKAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING


YuliaSellaSafitri , 7311409053 (2013) ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI TAS ADI ARYA COLLECTION KENDAL BERDASARKAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI TAS ADI ARYA COLLECTION KENDAL BERDASARKAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING]
Preview
PDF (ANALISIS PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI TAS ADI ARYA COLLECTION KENDAL BERDASARKAN SISTEM ACTIVITY BASED COSTING)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penentuan harga pokok produksi merupakan informasi penting bagi perusahaan untuk menetapkan harga jual produk. Dalam menentukan harga pokok produksi dapat dilakukan dengan beberapa metode yaitu cara konvensional dan metode activity based costing. Metode konvensional pada penentuan harga pokok produksi dianggap kurang tepat karena tidak melibatkan semuabiaya overhead pabrik, sehingga dibutuhkan salah satu metode yang tepat yaitu sistem Activity Based Costing (ABC) yang dapat menentukan harga pokok produksi dengan lebih akurat. Karena sistem ini menelusuri biaya dalam setiap aktivitasnya dan menggunakan cost driver berdasarkan unit. Objek penelitian ini adalah biaya harga pokok produksi yang menjadi fokus dari aktivitas produksi tas Adi Arya Collection.Jenis penelitian iniadalahkualitatif berdasarkan explanatory research, yaitu penelitian yang tujuannya untuk mengungkapkan atau mengeksplore atau menjelaskan secara mendalam tentang variabel tertentudan penelitian ini bersifat deskriptif, sehingga penelitian ini digunakan untuk mengkaji secara mendalam tentang penerapan sistemActivity Based Costing dalam penentuan harga pokok produksi pada home industry Adi Arya Collection di desa Truko Kecamatan Kangkung Kendal. Hasil penelitian adalah penentuan harga pokok produksi dengan menggunakan sistem Activity Based Costing (ABC) pada cost pool tas ransel model 75 sebesar Rp 107.339,01, dengan alokasi biaya bahan baku sebesar 34,46%, dengan biaya tenaga kerja 48,94% dan biaya overhead 16,60%, pada cost pool tas model ukuran map sebesar Rp 72.285,59,dengan alokasi biaya bahan baku sebesar 38,77%, dengan biaya tenaga kerja 41,53% dan biaya overhead 19,70%, pada cost pool tas model 3 Dimensi sebesar Rp 63.731,15, dengan alokasi biaya bahan baku sebesar 42,61%, dengan biaya tenaga kerja 36,63% dan biaya overhead 20,76%. Simpulan dari penelitianiniadalahpendekatan sistem Activity Based Costing untuk menentukan harga pokok produksi tas ransel model 75, tas model ukuran map dan tas model 3 Dimensi sudah sesuai karena pembagian biaya sudah jelas berdasarkan pemicu biaya dan sumber daya yang dikonsumsimasing-masingproduk.Bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan subjek usaha kecildan menengah, khususnya yang memproduksi produk lebih dari satu jenis produk. Penelitian selanjutnya diharapkan lebih komprehensip atau menyeluruh dalam mengkalkulasi biaya baik biaya produksi maupun biaya non produksi dan memperpanjang periode waktu penelitian, sehingga diperoleh hasil penelitian yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya Bahan Baku (BBB), Biaya Tenaga Kerja (BTK), Biaya Overhead Pabrik (BOP)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22782 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:55
Last Modified: 22 May 2014 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17933

Actions (login required)

View Item View Item