PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Francisca Gitantri , 4201408055 (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SD Negeri Candi 02 Semarang tahun ajaran 2011/2012, proses pembelajaran IPA masih berfokus kepada guru sebagai informan yang berperan dominan dalam setiap proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif dan kurang berani mengemukakan pendapat selama proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif berbasis Contextual Teaching Learning metode Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam proses pembelajaran IPA pada materi daur air, model pembelajaran kooperatif metode Picture and Picture dirancang untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari empat orang. Siswa harus berusaha menyusun puzzle yang berkaitan dengan materi, melakukan eksperimen sesuai petunjuk yang telah diberikan, dan melakukan kegiatan diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri Candi 02 yang terdiri dari 28 siswa. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa serta menggunakan gain ternormalisasi untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis. Tindakan perbaikan tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa karena penerapan model pembelajaran kooperatif berbasis Contextual Teaching Learning metode Picture and Picture melibatkan peran aktif siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kegiatan penyusunan puzzle, pelaksanaan eksperimen, dan kegiatan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif berbasis Contextual Teaching Learning, Picture and Picture, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2013 10:10
Last Modified: 25 Oct 2013 10:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17897

Actions (login required)

View Item View Item