FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Persepsi Pegawai Pada Dinas-Dinas Kota Semarang)


Widi Cahyo Wicaksono, 7250408035 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Persepsi Pegawai Pada Dinas-Dinas Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Persepsi Pegawai Pada Dinas-Dinas Kota Semarang)]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Persepsi Pegawai Pada Dinas-Dinas Kota Semarang))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada tahun 2006 KPMG Fraud Survey mengemukakan faktor utama yang menyebabkan kecurangan dalam organisasi atau sektor pemerintahan yaitu tidak efektifnya pengendalian intern yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal di instansi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor yang mempengaruhi Efektivitas Pengendalian Internal. Faktorfaktor tersebut antara lain Kualitas audit, lingkup audit, dan gaya kepemimpinan. Populasi penelitian ini adalah pegawai pemerintahan daerah di Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan quota sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 84. Penelitian ini menggunakan alat analisis data regresi berganda dengan bantuan software komputer untuk statistik SPSS versi 19.00. Analisis data digunakan untuk menguji tingkat validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit,lingkup audit, gaya kepemimpinan secara simultan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern. Kualitas audit secara parsial tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern, lingkup audit tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern, gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern. Simpulan dalam penelitian ini adalah kualitas audit, lingkup audit, gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern, kualitas audit tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern, lingkup audit tidak berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern, dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap efektivitas pengendalian intern

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pengendalian Intern, Kualitas Audit, Lingkup Audit, Gaya Kepemimpinan.
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:02
Last Modified: 22 May 2014 11:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17883

Actions (login required)

View Item View Item