MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PARAKANCANGGAH KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013
Sulistinganah, 13010408028 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PARAKANCANGGAH KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MENGGUNAKAN BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS PERMAINAN PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 PARAKANCANGGAH KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sulistinganah. 2013. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Antar Teman Sebaya Menggunakan Bimbingan Kelompok Berbasis Permainan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Parakancanggah Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M. Pd, Kons. dan pembimbing II : Drs. Eko Nusantoro, M. Pd. Kata kunci : kemampuan komunikasi antar teman sebaya, bimbingan kelompok, permainan. Komunikasi antar teman sebaya yang dimaksud adalah proses pertukaran informasi antara individu yang yang saling bertatap muka anatara dua orang atau lebih baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan bersama teman seumuran dengan mempunyai tujuan dan keinginan yang sama. Siswa-siswa di kelas V SD Negeri 1 Parakancanggah Kabupaten Banjarnegara memiliki kemampuan komunikasi antar teman sebaya yang cukup rendah. Penelitian ini mengkaji tentang upaya meningkatkan kemampuan komunikasi antar teman sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi antar teman sebaya kelas V dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok berbasis permainan? Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Pre Eksperimental Design. Desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SD Negeri 1 Parakancanggah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Sampel penelitian berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian treatment. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kemampuan komunikasi antar teman sebaya sebesar 30,3%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa J hitung ≤ J tabel, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji Wilcoxon tersebut maka dinyatakan bahwa kemampuan komunikasi antar teman sebaya siswa kelas V dapat ditingkatkan melalui bimbingan kelompok berbasis permainan. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Parakancanggah. Oleh karena itu, guru pembimbing atau guru kelas diharapkan memanfaatkan layanan bimbingan kelompok agar siswa dapat berkembang secara optimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan komunikasi antar teman sebaya, bimbingan kelompok, permainan |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 22801 not found. |
Date Deposited: | 22 May 2014 11:06 |
Last Modified: | 22 May 2014 11:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17876 |
Actions (login required)
View Item |