MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII MTS. MA’ARIF SAWOJAJAR TAHUN AJARAN 2012/2013


Raudlotul Hayati, 1301408067 (2013) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII MTS. MA’ARIF SAWOJAJAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII MTS. MA’ARIF SAWOJAJAR TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARAKTER DIRI MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA SISWA KELAS VIII MTS. MA’ARIF SAWOJAJAR TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hayati, Raudlotul. 2013. Meningkatkan Pemahaman Karakter Diri Melalui Layanan Informasi pada Siswa Kelas VIII MTs. Ma’arif NU 7 Sawojajar Tahun Ajaran 2012/2013. Jurusan Bimbingan dan Konseling. FIP. UNNES. Kata Kunci : Pemahaman, Karakter Diri, Layanan Informasi Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis yaitu pada jam-jam sekolah maupun jam pulang sekolah banyak ditemukan remaja ditempat-tempat nongkrong dalam keadaan berpakaian sekolah dengan atribut lengkap. Banyak siswa-siswi sepulang sekolah tidak langsung pulang kerumahnya, melainkan nongkrong dengan teman-temannya dan tidak jarang beberapa dari mereka berbuat hal negatif seperti menggoda anak perempuan yang lewat, berkata kasar dan tidak sopan, bahkan ada yang mengkonsumsi minuman keras. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman karakter diri siswa sebelum diberikan layanan informasi, untuk mengetahui pemahaman karakter diri siswa setelah diberikn layanan informasi dan untuk mengetahui pemahaman diri siswa sebelum dan setelah diberikan layanan informasi. Jenis penelitian yang dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan design pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Ma’arif NU 7 Sawojajar, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII A MTs. Ma’arif NU 7 Sawojajar. Metode pengumpulan data yang diguanakan adalah skala psikologi (skala karakter), analisis datanya menggunakan t-test. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pada hasil pre-test diperoleh persentase skor rata-rata 62,2% kategori rendah, sedangkan setelah memperoleh layanan diperoleh persentase skor rata-rata 85,6% kategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman karakter diri siswa setelah memperoleh layanan informasi. Analisis hasil uji t-test diperoleh = 32,31 > = 2,02. Karena lebih besar dari , dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan tingkat pemahaman karakter siswa setelah memperoleh layanan informasi. Maka hipotesis yang menyatakan bahwa layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman karakter diri siswa kelas VIII MTs. Ma’arif NU 7 Sawojajar dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan informasi efektif sebagai upaya dalam meningatkan pemahaman karakter diri siswa kelas VIII MTs. Ma’arif NU 7 Sawojajar tahun Ajaran 2012/2013. Saran bagi siswa pemahaman karakter yang telah didapat melalui layanan informasi diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, sekolah maupun lingkungan masyarakat. Bagi guru diharapkan memberikan informasi lanjutan berkaitan dengan pemahaman karakter yang meliputi karakter religius, disiplin, kerja keras, kreatif, bertanggung jawab, peduli sosial, cinta tanah air, gemar membaca, bersahabat dan demokratis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Karakter Diri, Layanan Informasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:08
Last Modified: 22 May 2014 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17870

Actions (login required)

View Item View Item