PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN 2012/2013


Miftakhus Syahidurrachman, 1301408020 (2013) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEGIATAN KEPRAMUKAAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 DEMAK TAHUN 2012/2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 1 Demak yang menunjukkan adanya siswa yang memiliki keaktifan diri rendah terhadap kegiatan pramuka. Melalui bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok diharapkan keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan dalam meningkatkan keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan melalui bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah 10 orang siswa yang memiliki keaktifan diri rendah dalam komunkasi antar teman sebaya. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan rumus wilcoxon. Hasil uji wilcoxon diperoleh Thitung = 55,0 dan Ttabel = 8,0 berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil tersebut menunjukkan tingkat keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan meningkat setelah memperoleh bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok. Dari hasil penelitian menunjukkan keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan sebelum memperoleh bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok 62,73% dengan kategori sedang dan setelah memperoleh bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok 75,57% dengan kategori tinggi. Perbedaan tingkat keaktiafan siswa terhadap kegiatan kepramukaan sebelum dan sesudah bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok sebesar 12,24%.Selain itu, siswa mengalami perkembangan perilaku yang lebih baik dilihat dari meningkatnya indikator kreatifitas berkegiatan, kemandirian berkegiatan, berkegiatan dalam kelompok. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan meningkat setelah mendapatkan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah agar pihak sekolah memberikan waktu bimbingan konseling kepada guru pembimbing agar dapat memberikan bimbingan kelompok teknik diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keaktifan siswa terhadap kegiatan kepramukaan, bimbingan kelompok, diskusi kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:17
Last Modified: 22 May 2014 11:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17863

Actions (login required)

View Item View Item