Meningkatkan On-Task Behavior Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013)


Wildani Fitria K, 1301407100 (2012) Meningkatkan On-Task Behavior Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan On-Task Behavior Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013)]
Preview
PDF (Meningkatkan On-Task Behavior Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Konseling Behavior Dengan Teknik Self Management (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI TKJ Di SMK Muhammadiyah 3 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013)) - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Rendahnya on-task behavior di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi rendahnya hasil prestasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Fenomena yang ada pada siswa kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 3 Weleri menunjukkan pada kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 terdapat beberapa siswa yang mengalami on-task behavior rendah di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah on-task behavior di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui konseling perorangan dengan pendekatan behavior teknik self management. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain penelitian true experiment pretest-posttest control group design. Subyek penelitian ini, siswa kelas XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 3 Weleri Tahun Ajaran 2012/2013 yang memiliki nilai mata pelajaran bahasa Inggris yang rendah dan memiliki on-task behavior di kelas yang rendah pada mata pelajaran bahasa Inggris sebanyak 7 siswa, terdiri dari 3 siswa sebagai kelompok eksperimen (konseli 1, konseli 2 dan konseli 3) dan 4 siswa sebagai kelompok kontrol (konseli 4, konseli 5, konseli 6 dan konseli 7). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan uji mann whitney u test. Hasil pre-test kelompok eksperimen, memiliki rata-rata nilai 1 dengan ratarata 0-1 on-task behavior, demikian juga pada kelompok kontrol juga memiliki rata-rata nilai 1 dengan rata-rata 0-1 on-task behavior. Hasil post-test kelompok eksperimen, memiliki rata-rata nilai 4 dengan rata-rata 8-10 on-task behavior, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 1 atau 0-1 on-task behavior. Hasil uji mann whitney menunjukkan P[Wx<10]=0,014<0,8000, maka H1 yang menyatakan konseling perorangan dengan pendekatan behavior teknik self management dapat meningkatkan on-task behavior di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah konseling perorangan dengan pendekatan behavior teknik self management efektif meningkatkan on-task behavior di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris. Saran bagi konselor, hendaknya penelitian ini dapat menjadi referensi dalam meningkatkan on-task behavior di kelas pada mata pelajaran bahasa Inggris bagi siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: On-task Behavior, pelajaran bahasa Inggris, konseling perorangan, pendekatan behavior, teknik self management
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:30
Last Modified: 22 May 2014 11:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item View Item