UPAYA MENINGKATKAN RENDAHNYA MOTIVASI MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013


Aditya Bagus Setyawan, 1301407074 (2013) UPAYA MENINGKATKAN RENDAHNYA MOTIVASI MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN RENDAHNYA MOTIVASI MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN RENDAHNYA MOTIVASI MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII A SMP ISLAM UNGARAN TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena pada siswa kelas VIII A SMP Islam Ungaran tahun ajaran 2012/2013 menunjukkan kurangnya motivasi saat mengikuti proses pembelajaran di kelas, yaitu siswa sering merasa bosan, tidak memperhatikan elajaran dari guru, mengganggu teman saat pelajaran, bermain handphone secara diam-diam. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini adalah: 1) memperoleh gambaran motivasi mengikuti proses pembelajaran sebelum diberi layanan bimbingan kelompok, 2) memperoleh gambaran motivasi mengikuti proses pembelajaran setelah diberi layanan bimbingan kelompok, 3) mengetahui apakah ada perubahan motivasi mengikuti proses pembelajaran sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Islam Ungaran tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Teknik sampel yang digunakan dengan cara purposive sampling, dan diperoleh 10 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala psikologi yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian perlakuan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase, statistik non parametrik secara manual dengan menggunakan tabel penolong uji wilcoxon, dan kemudian analisis deskriptif untuk mendeskripsikan perkembangan proses bimbingan kelompok. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 33,94% pada motivasi mengikuti proses pembelajaran di kelas melalui layanan bimbingan kelompok (sebelum 38,63%, rendah dan setelah 72,57%, tinggi). Hasil uji wilcoxon diperoleh nilai Z hitung sebesar -2,803, karena nilai dianggap mutlak maka tanda negatif tidak diperhitungkan, jadi nilai Z hitung didapatkan sebesar 2,803. Untuk selanjutnya nilai ini dibandingkan dengsn Z tabel = 0 maka dapat dikatakan Z hitung lebih besar dari Z tabel dengan demikian layanan bimbingan kelompok daoat meningkatkan motivasi mengikuti proses pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah motivasi mengikuti proses pembelajaran di kelas kelas VIII A SMP Islam Ungaran tahun ajaran 2012/2013 dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Sehubungan dengan hasil penelitian ini diharapkan guru bimbingan dan konseling di sekolah dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan sebaik-baiknya untuk membantu meningkatkan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi proses pembelajaran, layanan bimbingan kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:27
Last Modified: 22 May 2014 11:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17827

Actions (login required)

View Item View Item