PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW WANT TO LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V-A SDN SEKARAN 01


RISKA ESTI NINGRUM, 1401409274 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW WANT TO LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V-A SDN SEKARAN 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW WANT TO LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V-A SDN SEKARAN 01]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI KNOW WANT TO LEARNED (KWL) PADA SISWA KELAS V-A SDN SEKARAN 01)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V-A SDN Sekaran 01. Hal ini ditunjukkan dengan data pencapaian hasil belajar keterampilan membaca pemahaman sebanyak 10 dari 25 siswa nilainya di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≤ 65. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti berupaya meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi KWL (Know Want to Learn) dalam pem-belajaran. Rumusan Masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui strategi KWL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelasV-A SDN Sekaran 01. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas V-A SD N Sekaran 01 melalui strategi KWL. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi yang terdiri atas tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Penelitian dilakukan di SDN Sekaran 01. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-A yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu keterampilan guru meningkat dengan data pada siklus I jumlah skor 35 dan kualifikasi cukup. Siklus II jumlah skor 40 dan kualifikasi baik. Pada siklus III jumlah skor 50 dan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I skor rata-rata 15.96 dan kualifikasi cukup. Pada siklus II skor ratarata 22 dan kualifikasi baik. Puncaknya pada siklus III skor rata-rata 26.48, dan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 68% dengan nilai rata-rata 66,92. Siklus II meningkat menjadi 76%, dengan nilai rata-rata 78.1. Siklus III persentase ketuntasan 88% dengan nilai rata-rata 82.8. Simpulan penelitian adalah penerapan strategi KWL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V-A SDN Sekaran 01. Hal tersebut dapat diketahui dari meningkatnya keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian, saran yang dapat peneliti berikan yaitu sebaiknya guru menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga siswa merasa senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dan sebaiknya strategi KWL dapat diterapkan dalam setiap pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam aspek membaca pemahaman sehingga dapat merangsang dan melatih siswa untuk mampu memahami bacaan dengan menghubungkan antara pengetahuan yang telah siswa miliki sebelumnya dengan pengetahuan baru yang diperoleh pascabaca. Kata Kunci: Keterampilan Membaca Pemahaman, Strategi KWL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Strategi KWL.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:36
Last Modified: 22 May 2014 11:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17799

Actions (login required)

View Item View Item