KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL


Lela Iman Ningrum, 1401409271 (2013) KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KEJAMBON 7 KOTA TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kajian IPS yang berkaitan dengan isu sosial dalam kehidupan manusia sangat penting dan diperlukan siswa untuk menghadapi masalah sosial dalam kehidupannya. Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran IPS secara optimal, yakni adanya interaksi baik antara guru dan siswa maupun siswa dan siswa. Namun pada kenyataannya, pembelajaran IPS masih menggunakan pembelajaran konvensional yang belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Teknik quick on the draw merupakan salah satu teknik pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan dalam pembelajaran IPS. Berdasarkan hal tersebut, muncul permasalahan “apakah ada perbedaan hasil belajar siswa kelas V antara yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik quick on the draw dan yang mendapat pembelajaran secara konvensional pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia?”. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan yang ada. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitiannya yaitu nonequivalent control group design. Populasinya yaitu 71 siswa kelas V semester 2 tahun ajaran 2012/2013 dengan rincian 39 siswa SD Negeri Kejambon 7 sebagai kelompok eksperimen dan 32 siswa SD Negeri Kejambon 10 sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate random sampling dan diperoleh sampel untuk kelompok eksperimen sebanyak 34 siswa, serta untuk kelompok kontrol sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh berupa rata-rata nilai tes awal dan akhir. Rata-rata nilai tes awal kelompok eksperimen dan kontrol besarnya sama yaitu 63,4. Rata-rata nilai tes akhir kelompok ekperimen sebesar 73,8, sedangkan kelompok kontrol sebesar 77,3. Sesuai desain penelitian, pengaruh teknik quick on the draw terhadap hasil belajar siswa SD kelas V pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu - 3,5. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung = -1,391. Nilai ttabel dengan taraf signifikansi 5% : 2 = 2,5% (dua sisi) dan df = 60, sebesar 2,000. Nilai signifikansi sebesar 0,169. Hal ini berarti -ttabel ≤ thitung ≤ ttabel (-2,000 ≤ -1,391 ≤ 2,000) dan nilai signifikansi > 0,05 (0,169 > 0,05). Dengan mengacu pada kriteria uji analisis akhir/pengujian hipotesis, maka Ho diterima dan simpulannya yaitu tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa kelas V SD yang memperoleh pembelajaran materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan teknik quick on the draw dan yang mendapat pembelajaran konvensional. Nilai thitung negatif berarti rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Quick on The Draw, Hasil Belajar, dan Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:46
Last Modified: 22 May 2014 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17790

Actions (login required)

View Item View Item