PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI SD NEGERI 04 BULU PEMALANG


Ika Rahmaeta, 1402408055 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI SD NEGERI 04 BULU PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI SD NEGERI 04 BULU PEMALANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI SD NEGERI 04 BULU PEMALANG)
Download (17MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas dan hasil belajar siswanya. Perolehan nilai pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 04 Bulu Pemalang tahun pelajaran 2010/2011 menunjukkan belum tercapainya keberhasilan pembelajaran tersebut, khususnya pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan. Hal ini karena guru menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah membatasi aktivitas belajar siswa, sehingga menjadikan siswa kurang berminat untuk belajar IPS dan menyebabkan hasil belajarnya pun rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta performansi guru pada materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri 04 Bulu Pemalang. Dalam penelitian ini, peneliti mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus selama 6 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas V SD Negeri 04 Bulu Pemalang tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes (observasi dan dokumen). Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini, yaitu kehadiran siswa minimal 90%, keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 75%, rata-rata hasil belajar siswa minimal 64, persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, dan skor performansi guru minimal 71. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kehadiran siswa sebesar 94,44%, aktivitas belajar siswa mencapai 67,05% atau dengan kriteria tinggi, ratarata hasil belajar siswa 70,88, ketuntasan belajar siswa secara klasikal 64,71%, dan skor performansi guru 75,38. Sementara pada siklus II kehadiran siswa sebesar 95,37%, aktivitas belajar siswa mencapai 82,65% atau dengan kriteria sangat tinggi, rata-rata hasil belajar siswa 77,06, ketuntasan belajar siswa secara klasikal 88,24%, dan skor performansi guru 83,63. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan, baik pada aktivitas dan hasil belajar siswa maupun pada performansi guru dari siklus 1 ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Bulu Pemalang serta performansi guru dalam pembelajaran. Untuk itu, sebaiknya guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam melakukan proses pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:09
Last Modified: 22 May 2014 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item