Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri Sindang 02 Kabupaten Tegal


Mochammad Hasbi As Shidiqi , 1402408051 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri Sindang 02 Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri Sindang 02 Kabupaten Tegal]
Preview
PDF (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri Sindang 02 Kabupaten Tegal)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran IPS khususnya pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dikelas IV SD Negeri Sindang 02 tergolong rendah, pembelajaran cenderung berpusat pada guru sehingga siswa kurang dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Siswa hanya menerima materi pelajaran apa adanya tanpa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri konsep materi yang dihubungkan dengan kehidupan nyata siswa. Faktor inilah yang kemudian mempengaruhi hasil daya serap siswa pada mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi semester genap tahun 2010/2011 yang hanya mencapai nilai rata-rata 68. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri Sindang 02 melalui penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 78% dengan nilai rata-rata kelas 76,83. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 87,32. Demikian pula persentase aktivitas siswa pada saat pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 74.88% menjadi 85.34%. Meningkatnya hasil belajar dan aktivititas belajar siswa tidak lepas dari meningkatnya performansi guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran CTL sehingga kualitas kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik. Hal ini dapat terlihat dari hasil pengamatan terhadap performansi guru pada siklus I mencapai nilai 80,38 meningkat menjadi 87,96 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan pendekatan CTL dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV SD Negeri Sindang 02.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan CTL, performansi guru, aktivitas belajar, hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:09
Last Modified: 22 May 2014 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item